Membuat Pakan Fermentasi Azolla Lemna Ikan Nila Dengan EM4

0
160
Tumbuhan azolla yang difermentasi menggunakan EM4 sebagai pakan ikan nila sangat bermanfaat untuk pertumbuhan ikan.

Nandang Alik mensulap halaman rumahnya menjadi kolam ikan nila yang dibudidayakan secara organik dengan pemberian pakan fermentasi azolla lemna menggunakan permentor Effektif Microorganisme 4 (EM4) produksi PT Songgolangit Persada.

Tujuan dari membuat dan menyimpan fermentasi azolla lemna dengan EM4 yaitu untuk mempermudah makan dan percernaan saat diberikan ke ikan juga untuk menambah nutrisi dan protein dicampurannya seperti tepung ikan, dedak, probiotik EM4 dan molase. Kegiatan tersebut dibagikan pada Channel youtube Nandang Alik yang telah memiliki 3,01 subscriber dan memposting 711 video.

“Semoga menjadi inspirasi bagi teman-teman untuk mencintai ikan, senang makan ikan dan bisnis ikan. Bisnis ikan itu lebih menjanjikan dimasa yang akan datang karena masyarakat sudah mulai sadar makan ikan sehat,”u jar Nandang.

Dengan demikian semoga bisa memotivasi teman-teman pemula untuk segera memulai bisnis budidaya ikan dan juga bagi yang sudah menjalankan bisnisnya semoga bisa memotivasi untuk dikembangkan lagi kelanjutan bisnisnya diantaranya pengolahan ikan seperti dibumbu (Frozen food), dimasak (banyak resep masak ikan, silahkan search di google) serta berbagai cara-cara penjualan ikan dan atau masakan ikan, lanjut Nandang.

Adapun komposisi fermentasi Azolla Lemna dalam jumlah 1 kg (1000 gram) dengan bahan sebagai berikut: 70% (700 gram), 8% tepung ikan (80 gram), 1% millase (10 gram), 1% probiotik EM4 (10 gram) dan 20% dedak (200 gram).fermentasi tersebut akan disimpan selama 3-4 hari untuk siap deberi pakan pada ikan.

Nandang mempersiapkan/panen azolla yang dibudidayakan di halaman rumah menggunakan nampan. Protein azolla tinggi sehingga ia punya ikan yang benar-benar organik yang sama sekali tidak dikasi pelet, benar-benar 100% organik.

setelah asolla ditiriskan sudah tidak ada air, lanjut di timbang sesuai kebutuhan. siapkan dedak, semua adonan itu dicampur atau diaduk supaya merata. selanjutnya dicampur dengan cairan fermentasi molase dan EM4 perbandingan 1:1 dengan air 10 liter 1 gelas molase 1 gelas probiotik EM4.

setelah tercampur lanjut ditutup dengan rapat selama 3-4 hari, tanda fermentasi berhasil, aromanya asam seperti aroma probiotik. selanjutnya azola yang masih segar dicampur sengan azola yang sudah difermentasi dicampur hingga merata, selanjutkan langsung diberikan pada ikan. “Ikan Nila terlihat lahap makan, fermetasinya enak dan mantap,” jelasnya.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini