17 Orang dari Bali Japan Club Belajar Tentang EM4

0
22
Yoyok saat menjelaskan cara membuat pupuk organik Bokashi menggunakan permetor EM4 di Kang Zanger Bokashi Farm, JL. Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

Sebanyak 17 orang dari Bali Japan Club, perhimpunan yang beranggotakan warga negara Jepang yang tinggal di Bali belajar tentang teknologi Effective Microoganisms 4 (EM4) di Kang Zanger Bokashi Farm di Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

Bokashi Farm yang dibangun di atas hamparan seluas 40 are (4.000 meter persegi) memiliki koleksi ratusan jenis tanaman berkhasiat obat, sekaligus merupakan tempat edukasi tentang pertanian organik yang dibuka untuk masyarakat umum, kalangan pelajar, mahasiswa, guru dan masyarakat dari berbagai kalangan.

Yuka Fujita salah satu rombongan dari Bali Japan Club mengatakan, kehadirannya ke Bokashi Farm untuk mengenal lebih jauh terkait penerapan EM4 deberbagai bidang seperti pertanian, peternakan, perikanan dan juga untuk pengatasi masalah limbah.

“Kami juga belajar membuat pupuk organik padat maupun pupuk organik cair dari limbah rumah tangga yang difermentasi menggunakan EM4 dan hasilnya kembali bisa diterapkan sebagai pupuk untuk tanaman atau pekarangan disekitar rumah” ujarnya.

Sementara itu, Manajer Bokashi Farm, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Yoyok kepada rombongan menyampaikan informasi terkait sejarah EM yang ditemukan oleh Prof. Teruo Higa dari Jepang. Selain itu juga mengajarkan tentang proses pembuatan pupuk organik padat Bokashi Kotaku dari bahan kotoran sapi dengan fermentasi EM4.

“Kami menjelaskan terkait EM4 produk dari PT Songgolangit Persada (SLP) yang diaplikasikan dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan dan untuk mengatasi limbah (pencemaran). Dimana EM4 Pertanian kita ajarkan dalam pembuatan pupuk organik, EM4 Peternakan di aplikasikan pada ternak, untuk pakan, minum dan mandi sehingga ternak sehat,, kotoran tidak berbau sehingga membuat lingkungan sehat,”ujarnya.

EM4 merupakan mikroorganisme campuran dan berbagai jenis mikroorganisme fermentasi yang memfermentasi bahan organik. Jika proses fermentasi berlangsung dalam penguraian bahan organik (kotoran ternak), maka pembentukan gas (bau busuk) dan panas dapat ditekan. Bahkan mengurangi lalat dan hama penyakit.

Menutup kegiatan di Bokashi Farm, rombongan juga diajak berkeliling kebun untuk melihat berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat yang merupakan miniatur bahan baku dari produk Minyak Oles Bokashi yang merupakan produk unggulan dari Industri Obat Tradisional PT Karya Pak Oles Tokcer. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini