Seorang pembudidaya ikan bandeng sedang menambahkan probiotik EM4 pada pakan ikan.

Pengelolaan pakan yang saat ini menjadi perhatian para pembudidaya ikan/udang adalah dengan penambahan probiotik EM4 (Effective Mikroorganisms 4) Perikanan dan Tambak (warna botol merah muda/pink).

EM4 bekerja dengan cara mengontrol perkembangan dan populasi mikroba yang merugikan sehingga menghasilkan lingkungan tumbuh yang optimal bagi mikroba yang menguntungkan, hingga akhirnya mikroba tersebut akan mendominasi dan membuat habitat lebih sesuai untuk pertumbuhan makhluk hidup di lingkungan tersebut.

Probiotik EM4 bermanfaat untuk mengatur lingkungan mikroba dalam usus ikan/udang dan menghalangi mikroba patogen usus serta dapat memperbaiki efisiensi pakan.

Probiotik EM4 yang ditambahkan pada pakan bekerja optimal untuk memacu pertumbuhan berat ikan/udang dan meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan efisiensi penyerapan pakan di sistem pencernaan ikan.

Proporsi jumlah koloni bakteri EM4 dalam pakan menyebabkan aktivitas bakteri probiotik dapat bekerja secara maksimal dalam pencernaan ikan/udang sehingga daya cerna ikan/udang menjadi lebih tinggi dalam menyerap sari-sari makanan dan menghasilkan pertumbuhan yang lebih baik.

M. Fauzan di Desa Sembayat, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur sukses melakukan budidaya ikan nila dan udang vaname yang dikolaborasikan dalam satu kolam pengairan air tawar sentuhan Effective Microorganisms 4 (EM4) mampu memberikan hasil melipah, karena sekali panen menghasilkan dua komoditas matadagangan ikan nila dan udang vaname.

“Dalam lahan tambak seluas satu hektar itu lebih awal ditebar benih udang vaname jenis air tawar sebanyak 150.000 ekor, menyusul dua hari kemudian ditebar ikan nila sebanyak 25.000 ekor,” tutur pembudidaya kedua jenis ikan tersebut M. Fauzan saat menerima kunjungan tim youtube EM Indonesia Official.

Sosok pria enerjik berusia 44 tahun itu menjelaskan, penebaran benih ikan, baik nila dan udang vaname dilakukan pada pagi hari, setelah mendapat sinar matahari sekitar pukul 07.00 waktu setempat.

“Kolaborasi pemeliharaan ikan nila dan udang vaname dengan sentuhan EM4 perikanan produksi PT Songgolangit Persada telah digeluti sejak tahun 1997 dengan hasil yang sangat memuaskan,” ujar suami dari Nyonya Mustafidah.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini