Pupuk Kandang Ayam-EM4 Tingkatkan Kesuburan Tanah

0
51
Channel youtube Ricky Al berbagi tips proses membuat pupuk organik dari kotoran ayam menggunakan EM4.

Probiotik Effective Microorganism 4 (EM4) adalah cairan berisi campuran dari beberapa mikroorganisme hidup yang bermanfaat dan berguna bagi proses penguraian dan persediaan unsur hara tanah.

Bentuk EM4 berupa cairan yang berwarna kecokelatan dan beraroma segar. EM4 sendiri mengandung bakteri fermentasi, mulai dari genus Lactobacillus, jamur fermentasi, bakteri fotosintetik Actinomycetes, bakteri pelarut fosfat, dan juga ragi.

Cairan EM4 sangat berguna dan dapat dimanfaatkan pada tanaman cabai, padi, pepaya, sayuran, bawang merah, karet, jahe, jagung, jeruk, ataupun tanaman hias.

Larutan EM4 yang tersedia di toko pertanian sebenarnya dapat digunakan langsung ataupun dapat dikocorkan pada media yang akan difermentasi. Namun dalam penggunaan skala besar atau banyak, larutan EM4 tersebut sebaiknya perlu untuk dilakukan pengembangbiakan kembali. Seperti yang diulas channel youtube Ricky Al yang telah memiliki 753 subscriber.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan larutan EM4 dalam jumlah banyak sehingga tentunya menjadi lebih hemat biaya.

Pembuatan pupuk kandang dengan bioaktivator EM4 tersebut berlokasi di Dusun Melati Desa Kalimas, Kecamatan Sui Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Adapun bahan yang digunakan dalam pembuatan pupuk tersebut yaitu mencampurkan pupuk kandang ayam dengan EM4. Sediakan pupuk kandang ayam 50 kg, EM4 50 cc dan air lima liter.

Caranya: Campurkan larutan EM4 secara rata ke pupuk kandang ayam dan lakukan proses fermentasi selama 7-14 hari. Tergantung kondisi pupukan tersebut, jika pupukan sudah matang ciri-cirinya tidak berbau, tidak menggumpal, dan tidak panas.

Proses fermentasi tidak boleh terkena hujan dan terik panas matahari secara langsung, wajib disimpan di tempat teduh dan tidak terkena hujan.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini