Sardiman dan Istri Hobi Bertanam Hasilkan Pangan Sehat

0
101

Sardiman (58), sosok pria enerjik yang selalu ramah dan akrab dengan lawan bicaranya itu mempunyai hobi bertanam, apa saja yang ditanamnya selalu tumbuh subur.

Ada tomat, cabai, daun bawang, kangkung, sawi, jagung, kacang panjang dan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan seperti jambu merah, durian, alpukat termasuk tanaman hias dari berbagai jenis.

Apa sih rahasianya, ternyata Pensiunan Karyawan Pemda DKI ini menggunakan teknologi Effective Microorganisms 4 (EM4). Sardiman dan Istrinya Yanti yang memiliki Pondok LA 02 Jalan Karakal Jambu Luwuk, Kecamatan Ciawi, Bogor, Jawa Barat itu seluas satu hektar ini sangat menyukai pertanian organik yang bebas dari kimia.

Mereka sadar betul, penggunaan bahan-bahan kimia untuk pertanian dapat menimbukan gangguan kesehatan pada manusia yang mengkonsumsinya.

Oleh sebab itu, pupuk organik yang paling tepat adalah menggunakan Teknologi EM4 yang mampu meningkatkan kesehatan dan menyuburkan tanamanan.

‘’Dengan bahan-bahan organik yang tersedia berupa kotoran hewan (kohe) yang kami pelihara seperti kambing, ayam, dan bebek serta limbah-limbah pertanian yang berlimbah, kami buat pupuk kompos/Bokashi. Pupuk organik tersebut kami gunakan untuk persiapan benih, penanaman dan pemeliharaan tanaman hingga panen,’’kata Yanti berdarah Betawi ini.

Untuk pemeliharaan tanaman, Yanti membuat Pupuk Organik Cair (POC) menggunakan air cucian beras, air kelapa tua dan juga kohe yang difermentasi dengan EM4. POC yang sudah jadi disimpan dalam drigen selama 7 hari itu, setiap 1 liter POC dicampur dengan 5-10 liter air dan dikocor setiap seminggu sekali.

Dan hasilnya sangat memuaskan disamping tanamannya subur dan produksinya cukup baik. Dan terpenting, produk yang dihasilkan terbebas dari kimia dan sangat aman dikonsumsi.

Selain sayuran, di lahan tersebut memiliki perkebunan jambu merah yang sangat produktif. Kegemarannya menanam buah ini, karena dimasa kecil Sardirman yang tinggal di Lenteng Agung Jakarta Selatan ini, sudah akrab dengan pohon jambu yang sekarang ini sudah langka tergerus oleh pemukiman penduduk yang semakin padat di Jakarta.

‘’Pondok LA 02 ini tempat kediaman baru kami di kawasan Bogor Jawa Barat dengan udara yang sejuk serta untuk menghindari kebisingan kota Jakarta. Dan yang pasti kawasan ini sangat cocok bertani mengisi hari tua,’’katanya bersemangat.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini