EM Yang Pertama Dan Utama Di Lingkungan

0
14
Ir. I Gusti Ketut Riksa, Staf Ahli PT Songgolangit Persada.

Oleh: Ir. I Gusti Ketut Riksa *)
Sudah waktunya menggarap lingkungan secara nyata karena selalu tersiar adanya bencana alam seperti banjir bandang, tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, angin topan, kebakaran dan lain-lain.

Bencana-bencana ini sulit ditanggulangi karena belum banyak tersedia teknologinya. Sedangkan yang masih bisa ditanggulangi dan teknologinya sudah tersedia antara lain radikal bebas, radiasi, logam berat, korosi, hujan asam, korosi, serta hormun lingkugan lainya. Yang disebut belakangan ini ternyata beberapa diantaranya dapat ditanggulangi dengan teknologi Effektive Microorganisms (EM).

Salah satu contohnya ialah meningkatkan kualitas air. Sudah banyak ada informasi tentang sungai yang mengandung E.coli, Salmonela yang membahayakan umat manusia, matinya ikan-ikan di danau, di laut, ditambah lagi dengan air lingkungan yang berbau busuk, terakumulasinya berbagai polutan, endapan lumpur dan timbunan sampah yang dapat menyumbat saluran pembuangan.

Apabila satu dari sepuluh rumah tangga secara aktif menggunakan EM untuk cuci-mencuci, mengepel lantai, menyiramkannya pada tanaman di pekarangan, kamar mandi dan lain-lain akan memberikan manfaat yang luar biasa antara lain: mulai dari selokan sekitar rumah tangga, selokan yang lebih besar, sungai sampai kelautpun air permukaan menjadi jernih.

Peningkatan kualitas air akan mengundang kembali makro dan mikro flora air. Kedatangan biota mikro ini memancing ikan-ikan untuk datang karena biota mikro ini adalah pakan dari burayak ikan. Berbagai jenis ikan yang lebih besar berdatangan, burung-burung pemakan ikanpun tampak kembali, berbagai usaha seperti penanaman rumput laut, kerang mutiara berkembang dengan baik dan keindahan alam yang dulu pernah dinikmati akan muncul kembali.

Yang paling penting ialah peningkatan derajat kesehatan masyarakat kita akan bisa minum air di sawah, dengan menyedot air pada bekas injakan sapi dengan menggunakan pipet dari batang padi. Itulah yang saya ingat waktu saya masih kecil, mudah mudahan kita dapat terbebaskan dari berbagai penyakit berkat lingkungan yang terrevitalisasi; itulah beberapa dampak teknologi EM.linktr.ee/pakolescom #EM4
*) Staf Ahli PT Songgolangit Persada.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini