EM Efektif Turunkan BOD Limbah Alkohol

0
33
Produk dari PT Songgolangit Persada yaitu EM4 Pengolahan Limbah, efektif untuk menurunkan BOD Limbah Alkohol.

Oleh: Ir. Koentjoro Adijanto *)
Effective Microorganisms (EM) merupakan kultur campuran mikroorganisme menguntungkan yang mampu melakukan biodegradasi limbah organik (Hamidah, dkk 2001). Dampak limbah cair mengakibatkan badan penerima menjadi kotor dan senyawa-senyawa pencemar yang terkandung membahayakan terhadap lingkungan.
Peranan mikroorganisme sangat penting dalam pengolahan biologis karena mikroorganisme merupakan dasar utama untuk pengolahan limbah (Ginting,. 2007).

Berdasarkan hasil penelitian Suharjito (2005), pemberian EM terhadap kadar BOD (Biological Oxygen Demand) pada limbah cair industri alkohol, ditunjukkan turunnya kadar awal dari 1683 mg/l hingga 686 mg/l dengan konsentrasi EM-4 yang paling efektif sebanyak 4 ml. Menurut penelitian Dwi Astuti (2013) kadar BOD pada limbah alkohol sebelum dilakukan perlakuan sebesar 4160 mg/l sesudah dilakukan perlakuan untuk dosis 2 ml/l kadar BOD rata-rata 1413 mg/l dengan efektivitas pengolahan 66,03%.

Mikroorganisme EM mampu mendegradasi senyawa-senyawa organik dalam limbah lebih cepat daripada hanya tergantung dari mikroorganisme alami dalam limbah (Hanifah, dkk 2001). EM-4 Pengolahan Limbah dan Toilet merupakan suatu produk teknologi bioremediasi bahan organik dengan memanfaatkan kerja dari berbagai mikroorganisme alami secara fermentasi, sehingga potensi pencemaran terhadap lingkungan dapat ditekan. EM Pelopor Pertanian Organik di Indonesia.
*) Manajer Pak Oles Green School.linktr.ee/pakolescom #EM4 #songgolangitpersada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini