Peranan EM Mudball Tingkatkan Kualitas Air Sungai

0
119
EM Mudball berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme lokal di sungai untuk meningkatkan kualitas air sungai.

Oleh: Dr, Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr *)
EM.1 (nama internasional EM, di Indonesia EM4) untuk meningkatkan kualitas air sungai.
Kerusakan lingkungan air diakibatkan oleh pencemaran air dan tanah dari penggunaan bahan kimia untuk pertanian, membuang limbah padat dan cair ke sungai, serta akibat erosi dan penggundulan hutan, mengakibatkan kualitas air sungai semakin menurun.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap penurunan kualitas kesehatan manusia, hewan dan tanaman. Kualitas sir sungai ditingkatkan dengan menambahkan EM.1 ke tanah/lumpur dasar sungai, dengan cara menenggelamkan EM mudball (bola tanah lumpur yang mengandung bakteri EM.1).

EM mudball akan jatuh ke dasar sungai dan bakterinya hidup dan berkembang di dalam lumpur sungai. EM.1 berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan mikroorganisme lokal yang ada di sungai untuk meningkatkan kualitas air sungai.

EM.1 juga berfungsi untuk meningkatkan kandungan oksigen di dalam air, sehingga pembusukan di dalam air dan lumpur sungai tidak terjadi. EM mud ball berfungsi untuk menguraikan endapan lumpur dan bahan organik di dalam air sungai secara fermentasi, sehingga kualitas air sungai menjadi lebih baik.

(Diambil dari: Himangini Joshi et. Al. “Role of EM in Sustainable Agriculture. International Journal of Current Microbiology and Applied Science (2019) 8(3): 172-181).

*)Direktur Utama PT Songgolangit Persada. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini