Promosi, Citra dan Kualitas Produk

0
15
Kadek Brahma Shiro Wididana SE, MM. Staf Ahli Pemasaran PT Karya Pak Oles Tokcer.

Oleh: Kadek Brahma Shiro Wididana SE, MM. *)

Promosi berarti mengiklankan suatu produk. Setiap perusahaan yang berpromosi selalu bilang bahwa dirinyalah yang paling baik atau nomor satu. Ibarat orang menjual kecap, kecapnyalah yang paling enak.

Karena berpromosi tentu ada biaya yang harus dikeluarkan. Biaya dimanfaatkan oleh tukang iklan, seperti koran, majalah, radio, tv, internet, artis dan sebagainya. Akibat promosi yang mengena yang didukung sistem pemasaran yang tepat, tentu saja penjualan meningkat. Hal ini jelas dapat ditingkatkan bila ditunjang oleh kebutuhan pasar yang terpenuhi akan barang dan jasa yang dipasarkan.

Jarang sekali ada pihak bank yang mau mendanai biaya promosi karena promosi sifatnya abstrak, berupa informasi dan pembentukan citra. Jika promosi tidak mengena habislah uang yang diinvestasikan menjadi informasi dan citra.

Menurut analisa bank, informasi dan citra tidak bisa diagunkan, yang bisa dijadikan agunan oleh bank adalah benda fisik yang gampang dirubah bentuknya menjadi rupiah. Jadi bagaimana caranya berpromosi jika tidak ada uang cukup? Pertama dan terutama adalah kita harus menjaga kualitas produk.

Jika produk diterima masyarakat, dengan sendirinya terbentuk citra. Apakah akan terbentuk citra yang baik atau buruk, mewah atau kampungan, dan seterusnya, itu semua tetaplah pasar yang menentukan.

Citra yang terbentuk bisa diarahkan secara perlahan–lahan oleh pemilik merek agar sesuai dengan keinginan produsen dan konsumen. Jika citra merek yang terbentuk sudah pas atau mengena antara keinginan produsen dan konsumen, pada saat itulah sebuah merek akan menguasai pasar.

Citra merek terbentuk dari iklan media, bintang iklan, peran sosial produsen di masyarkat, dan yang paling terpenting adalah kualitas produk. Citra harus dipelihara dengan informasi yang tepat, karena citra membentuk pasar, pasar membentuk citra.

Interaksi antara pasar dan citra harus dalam keadaan seimbang, sehingga pemasaran dapat terus ditingkatkan dan keuntungan tetap diraih.

*) Staf Ahli Pemasaran PT Karya Pak Oles Tokcer.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini