Mutu Ternak Ayam Dagingnya Meningkat Berkat Pemberian EM4

0
144
Fermentasi pakan ayam dengan Effektive Microorganisms 4 (EM4) peternakan juga bisa membantu meningkatkan sumber pakan yang akan diberikan kepada ayam.

Konsumen dan masyarakat luas kini sudah semakin cerdas dan pandai memilih kualitas makanan yang sehat untuk konsumsi, sebagai upaya meningkatkan daya cerna dari ternak diperlukan adanya zat-zat pelengkap seperti probiotik.

“Probiotik adalah salah satu jenis imbuhan pakan yang diberikan pada ternak berupa bakteri yang menguntungkan bagi inangnya, yakni probiotik Effective Microorganisms 4 (EM4),” kata Manajer Pak Oles Green School, Jl Waribang Denpasar Timur, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, pemberian probiotik EM4 dengan cara dicampurkan pada air minum dan pakan ternak agar dapat dicerna dan ditransportasikan ke sel-sel dalam tubuh, guna meningkatkan sintesa protein, memperbaiki komposisi mikroorganisme yang ada dalam perut ternak.

Pemberian probiotik terhadap ternak ayam maupun jenis ternak peliharaan lainnya sebagai upaya mengurangi bau kotoran, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan (produksi) dan ramah lingkungan.

EM4 di dalam usus ternak berfungsi untuk memacu pertumbuhan bakteri yang menguntungkan dan mencegah pertumbuhan bakteri patogen. Kondisi lain yang dicapai adalah dengan meningkatkan sistem imun ayam karena tahan terhadap bakteri patogen.

Berkat sentuhan EM4 ternak ayam dipelihara mampu menghasilkan kualitas daging yang baik dan bermutu, yakni bahan pangan yang sehat karena proses pemeliharaan ternak ayam itu secara organik, tanpa menggunakan zat kimia terhadap pemeliharaan ayam broiler.

Pada ayam broiler dengan sentuhan EM4 kualitas daging yang dihasilkan lebih padat dan tidak mengandung lemak berlebihan hampir seperti daging ayam kampung. EM4 Pelopor Probiotik untuk Peternakan, tutur Koentjoro Adijanto.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini