Sejumlah pekerja sedang mengemas Pupuk Organik Bokashi Kotaku di Desa Bantas, Selemadeg Timur, Tabanan.

Mengembangkan pertanian organik di pekarangan rumah dengan menyiasati lahan sempit secara maksimal maupun menggunakan media pot dan barang bekas lainnya memanfaatkan pupuk organik Bokashi Kotaku cocok untuk semua jenis tanaman, sangat mudah dan efisien,

“Tanah yang sehat menjadikan tanaman tumbuh subur dan selaras dengan alam dan lingkungan sekitarnya,” kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, memanfaatkan pupuk yang menggunakan fermentasi Effective Microorganisms (EM4) akan memperkaya nutrisi tanah serta memperbaiki fisik, kimia dan biologi tanah.

Memperkaya tanah dengan suplemen organik dan mendorong pertumbuhan organisme yang menguntungkan yang terjadi secara alami.

Upaya tersebut melindungi tanah dari patogen dan hama yang berbahaya. Cacing akan mulai tampak dan membuat tanah menjadi gembur, sekaligus membuat nutrisi yang ada di tanah, seperti besi dengan nama unsur kimianya dengan simbol Fe (dari bahasa latin: ferrum).

Contoh kandungan Fe pada makanan adalah bayam yang bermanfaat untuk mencegah anemia. Karena Fe berfungsi untuk memproduksi sel darah merah.
Dengan demikian penggunaan pupuk Bokashi Kotaku selain bermanfaat untuk kesehatan tanah juga menghasilkan tanaman yang sehat dan tubuh subur.

Pupuk organik padat merupakan sebuah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara dan mineral yang diperlukan tanaman, sehingga tanaman dapat tumbuh subur dan berproduksi maksimal.

Pupuk organik lebih menyehatkan tanah dan ramah lingkungan serta dapat memperbaiki struktur tanah dengan menyediakan ruang pada tanah untuk udara dan air.

Pupuk Bokashi Kotaku selama ini telah dimanfaatkan ribuan pelanggan dan konsumen dari berbagai kalangan mulai dari petani, pengusaha agrobisnis, hotel, villa, penghobi, dan rumah tangga, khususnya tanaman dalam pot.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini