PT Karya Pak Oles Gelar Lomba Balita Sehat

0
153
Sejumlah balita gembira mengikuti lomba estafet bola pada lomba balita sehat yang digelar PT Karya Pak Oles Tokcer di gedung Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Bali di Jalan Gatot Subroto Timur, Denpasar, Sabtu (11/11).

PT Karya Pak Oles Tokcer (KPOT), sebuah perusahaan swasta nasional yang berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali menggelar Lomba Bayi Dibawah Umur Lima Tahun (Balita) sehat mengusung tema Dukung 1.000 hari pertama kelahiran guna mewujudkan anak yang cerdas dan generasi sehat.

Lomba Balita sehat, mewujudkan anak yang cerdas dan generasi sehat tersebut melibatkan 30 Balita berlangsung di gedung Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Bali di Jalan Gatot Subroto Timur, Denpasar, Sabtu (11/11).

Kegiatan lomba Balita sehat tersebut didukung didukung Gerakan Wanita Sejahtra (GWS) dan Rotary Club Bali Taman yang diketuai Nyonya Komang Dyah Setuti, SSn., M.I.Kom.

Lomba Balita sehat tersebut secara khusus mengundang Bidan Ni Putu Ratna Dewi Ningsih, S.Tr. keb (Founder bidan Ratna Dewi) dan dr. Putu Andi Pratama, S. Ked dari Rumah Sakit Kasih Ibu Denpasar.

dr. Putu Andi Pratama, S. Ked pada kesempatan tersebut bertugas untuk memeriksa kesehatan bayi sebelum mengikuti kegiatan lomba. Sedangkan Bidan Ni Putu Ratna Dewi Ningsih tampil sebagai pemateri.

Dr. Putu Andi Pratama sebagai dokter umum untuk menilai gizi anak pada lomba Balita sehat yang digelar PT Karya Pak Oles Tokcer. Ia berkolaborasi dengan bidan untuk melihat kesehatan dan gizi dari anak yang ikut lomba.

Pemeriksaan terhadap bayi tersebut dilakukan secara fisik dari atas sampai bawah, dari tinggi badan dan berat badan pada balita, perkembangan dan pertumbuhan anak itu mulai dari usia baru lahir sampai lima tahun.

Semua itu harus benar-benar memperhatikan gizi anak tersebut dengan tim juri terdiri atas Ni Made Puspita Dewi, S.Tr. Keb.
Sementara Bidan Ni Putu Ratna Dewi Ningsih tampil sebagai pemateri mengungkapkan, tumbuh kembang bayi, nutrisi, proses bertambahnya ukuran tubuh, ukuran sel, berkembang proses peningkatan secara kualitatif sesuai usia.

Pertumbuhan dilihat dari grafik kecenderungan pertumbuhan anak, mempengaruhi kesehatan, dibanding anak seusianya akan lebih tinggi tubuhnya.

Faktor2 kembang anak dipengengarhi gen dari ibunya, pendidikan ibu secara formal dan non formal. Faktor lingkungan, sangat berpengaruh sejak kehamilan yang harus terencana.

Caranya sederhana pijat bayi manfaatnya bagi bayi maupun ibunya dilakukan oleh orang tua berfungsi untuk kesehatan, membentuk ikatan kasih sayang antara anak dan ibu dan tumbuh kembangnya menjadi baik.

Usapan-usapan tubuh, dan otot untuk memperlancar peredaran daerah, habis mandi, pakai Minyak Oles Bokashi dan minyak telon, kata Ni Putu Ratna Dewi Ningsih.

Lomba Bali sehat yang melibatkan 30 Balita meliputi estafet bola, katagori A usia 2-3 tahun, katagori B usia 4-5 tahun. Lomba baby dancing katagori A usia 2-3 tahun, katagori B usia 4-5 tahun.

Caption: Sejumlah balita tanpak ceria, penuh semangat mengikuti lomba estafet bola dalam acara Lomba Balita Sehat yang digelar PT Karya Pak Oles Tokcer.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini