Pupuk organik padat Bokashi Kotaku produksi PT Songgolangit Persada (SLP) unit Pabrik Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, Bali adalah pupuk organik padat yang diproduksi menggunakan teknologi Effective Microorganisms 4 (EM4) yang satu-satunya mendapat lisensi dari EMRO Jepang untuk dipasarkan di Bali dan daerah lain di Indonesia.

Pupuk Organik padat Bokashi Kotaku merupakan pupuk organik yang dapat dibuat dari campuran beberapa bahan hasil fermentasi dari bahan organik seperti jerami, sekam, dedak padi, sampah organik, rumput dan kotoran hewan, kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto yang akrab disapa Pak Yoyok.

Ia menjelaskan, bahan-bahan tersebut difermentasi dengan menggunakan bahan aktivator Microorganisme untuk mempercepat terjadinya proses fermentasi yang dikenal dengan Effective Microorganisms (EM). Bokashi sebagai pupuk organik fermentasi memiliki banyak manfaat bagi tanaman dan tanah, yakni menggemburkan tanah, sehingga mempermudah penyerapan hara lainnya sekaligus memperbaiki struktur tanah yang rusak atau tanah yang kritis karena hal ini berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman.

Tanah menjadi subur dan ringan untuk diolah dan mudah ditembus akar. Memperbaiki kehidupan mikroorganisme dalam tanah, memperbaiki drainase dan tata udara di dalam tanah, membantu proses pelapukan bahan mineral, dan melindungi tanah terhadap erosi.
Yoyok menjelaskan, keunggulan pupuk Bokashi lebih tahan terhadap serangan hama, pupuk tersebut juga menekan pertumbuhan patogen tanah, serta mengandung unsur hara makro dan mikro. Meningkatkan daya menahan air (water holding capaci-ty) sehingga kemampuan tanah untuk menyediakan air menjadi lebih banyak.

Demikian juga mampu meningkatkan Kapasitas Pertukaran Kation (KPK) sehingga kemampuan mengikat kation menjadi lebih tinggi, akibatnya apabila dipupuk dengan dosis tinggi hara tanaman tidak mudah tercuci. Sehingga pengaruhnya dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman. EM pelopor pertanian organik di Indonesia.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini