Probiotik EM4 Tekan Penyakit yang Ditularkan Melalui Air

0
83
Pembuatan pakan udang dengan fermentasi em4.

Direktur Utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr mengungkapkan, penambahan probiotik Effective Microorganisms (EM4) ke dalam air dan pakan ikan/udang dapat memperbaiki lingkungan ekologis air dan menekan/mengurangi penyakit yang ditularkan melalui air.

“Mampu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ikan dan udang, seperti meningkatkan  ratio penggunaan nurtisi, meningkatkan ratio hidup dan mencerjihkan air kolam,” kata Dr. Wididana ketika tampil sebagai pembicara  dalam Webinar mengusung tema “Teknologi Fermentasi untuk Budidaya Perikanan”.

Webinar  yang digelar Pusat  Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali menampilkan tiga pembicara, dua pembicara lainnya adalah Dr. Senny Helmiati, S.Pi, MSc dan Istiqomah, S.Pt, M.Si, Ph.D, keduanya dosen Program Studi Akuakultur  Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang itu menambahkan, hasil penelitian di sejumlah negara seperti Peru tahun 1998-1999, China tahun 2020 dan di sejumlah negara lainnya menunjukkan, fungsi probiotik EM4 perikanan juga mampu mempercepat pertumbuhan dan perkembangan “pacific oyster larvae”.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya probiotik EM4 mampu meningkatkan ketahanan tubuh ikan/udang, menghambat reproduksi bakteri patogenik, mengurangi polusi lingkungan selama proses budidaya (aquakultur),  mengurangi konsentrasi ammonia-nitrogen dalam budidaya  kerang (scallop).

Demikian pula mampu mengurangi nitrit nitrogen dan COD dalam kolam pembibitan “Chinese Mitten Crab” (kepiting) dan meningkatkan ratio metamorfosa.

Probiotik EM4 juga berfungsi untuk meningkatkan parameter imun, termasuk proposyetem, peroxinectin dan membantu menangkal serangan inveksi virus pada udang pacific white.

Oleh sebab itu probiotik digunakan dalam dosis yang tepat untuk kesehatan binatang air yakni ikan dan udang karena berhubungan dengan keseimbangan microflora, khusus binatang air, ujar Dr. Wididana yang juga adalah pakar pertanian organik.

Sosok pria enerjik kelahiran Desa Bengkel, Buleleng itu membangun dan mengelola PT Songgolangit Persada yang merupakan agen tunggal untuk memproduksi dan menjual EM4 di Indonesia yang mendapat lisensi dari EMRO Jepang. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini