EM Diterapkan Dalam Enam Bidang Kehidupan

0
62
Koenjoro Adijanto (tengah) saat mempraktekkan pembuatan Fermented Plant Extract (FPE) di Pak Oles Green School, Jalan Waribang Kesiman, Denpasar Timur.

Teknologi Effective Microorganisms (EM4) dapat diterapkan dalam enam bidang kehidupan yakni bidang pertanian, perkebunan, kehutanan. peternakan, perikanan, lingkungan dan limbah secara selaras, serasi, berkesinambungan.

“Penggunaan EM dalam berbagai aspek kehidupan itu bertujuan untuk kesehatan manusia, alam sekitar dan lestarinya bumi.” Kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Keontjoro Adijanto.

Ia mengatakan, teknologi hasil temuan Prof. Dr Teruo Higa, guru besar bidang hortikultura University of The Ryukyus Okinawa Jepang yang telah diterapkan oleh ratusan negara di belahan dunia termasuk Indonesia.

Dengan demikian teknologi EM merupakan salah satu inovasi pertanian dalam arti luas yang perlu diterapkan dalam mewujudkan pertanian berkelanjutan, berwawasan lingkungan dan berorientasi pada kemandirian.

Dengan EM petani dapat membuat pupuk organik dengan biaya murah, dapat membuat bio pestisida, bio fungisida, bio bakterisida, bio urine, pupuk pelengkap cair dan zat pengatur tumbuh.

Semua itu tidak berbahaya terhadap kesehatan manusia, bahkan dapat meningkatkan derajat kesehatan.

Dengan EM pula petani dapat meningkatkan produksi secara berkualitas dengan nilai jual yang lebih tinggi serta citarasa yang lebih nikmat.https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini