Limbah ternak ayam milik Tusiran tidak mengeluarkan aroma busuk setelah menggunakan produk EM4. Dan kini bebas dari komplain warga sekitar.

Persoalan sanitasi pada ternak ayam kerap memusingkan peternak. Banyaknya komplen warga sekitar menyebabkan pemilik usaha unggas ini pusing tujuh keliling. Namun dengan teknologi EM4 persoalan tersebut bisa teredam, masyarakat pun tidak resah. Karena dengan penggunaan EM4 yang terkenal ramah lingkungan ini, persoalan bisa teratasi.

Tak perlu ragu dengan penggunaan Effektive Microorganisme 4 (EM4), karena EM4 merupakan mikroorganisme campuran dari 80 jenis mikroorganisme fermentasi yang mengurai atau memfermentasi bahan organik.

Jika proses fermentasi berlangsung dalam penguraian bahan organik (kotoran ternak), maka pembentukan gas (bau busuk) dan panas dapat ditekan atau dihilangkan sama sekali. Bahkan mengurangi lalat dan hama penyakit. Hal ini dialami Tusiran (40) salah satu peternak ayam potong yang berada di Desa Jatimulyo, Kec. Jatiagung Lampung Selatan.

Sebelum menggunakan EM4, ternak ayamnya begitu berbau hingga mengganggu dan meresahkan masyarakat sekitar, tetapi setelah menggunakan teknologi EM, bau yang menyengat dapat ditekan Jika pengolahan unggas kurang baik, limbah yang dihasilkan (kotoran ternak) lebih banyak menimbulkan masalah seperti penyakit ternak dan lingkungan dari pada keuntungan yang didapatnya.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini