Melaspas Kantor Produksi EM Unit Bantas

0
109
Suasana melaspas gedung produksi EM secara ritual (niskala) di Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

Bertepatan dengan Tilem Kanem (23/12/22) PT Songgolangit Persada (SLP) menggelar acara peresmian bangunan (melaspas) secara ritual (niskala) Gedung Produksi Effektive Microorganisms 4 (EM4) di Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan.

Upacara melaspas (penyucian) gedung yang dipimpin Jro Mangku Ulu,Made Sudiarta dari Banjar Bunut Puhan, Desa Bantas dihadiri Direktur Utama PT. SLP Gede Ngurah Wididana, Direktur H Agus Urson Hadi Pramono, Kepala Produksi SLP Nyoman Sukamerta, Kepala Produksi PT Karya Pak Oles Tokcer (KPOT)  Made Lidyawati, Manjer Keuangan Ibu Tisnawati, Manajer Personalia Nyoman Yuliarsana, Kepala Pemasaran EM4 Bali Irkham Rosidi, Sekretaris Direksi Tri Suharti, Apt Endah Widyowati, Manajer Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Ketut Jadiasa, Manajer Bokashi Farm Koenjoro Adijanto, staf dan karyawan produksi.

Dalam sambutannya H Agus Urson HP mengatakan, perluasan pabrik EM4 seiring dengan permintaan marketing yang tinggi terutama untuk produk EM pertanian. “Kita berharap dengan adanya perluasan gedung untuk memproduksi produk EM4 pertanian dan EM4 pengolahan limbah dapat memenuhi permintaan marketing di Bali maupun di pulau jawa seperti Surabaya, ujar ayah 3 orang anak ini.

H Agus Urson juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dari manajemen, produksi unit Bantas Tabanan dan Bengkel, Kabupaten Buleleng. Ia mengatakan saat ini jumlah tenaga kerja di unit produksi EM bantas berjulah 25 orang dan seiring perkembangan perusahaan tidak menutup kemungkinan akan menambah tenaga kerja dengan serapan tenaga lokal.

“Jadi saat ini 75% tenaganya dari daerah sekitar pabrik. Saya ucapkan terima kasih atas suport pemerintah di Desa Bantas, sehingga PT SLP diterima dengan sebaik-baiknya di Desa Bantas ini. Mudah-mudahan kolaborasi ini bisa terus ditingkatkan sehingga kedepan semakin bagus, semakin eksis dan masyarakat bisa mendapatkan lapangan pekerjaan,”harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT SLP Gede Ngurah Wididana mengatakan, perluasan gedung produksi EM merupakan upaya untuk mendukung permintaan tim pemasaran EM. “Perluasan ini juga harus didukung dengan sumber daya manusia, standar oprasional prosedur dan juga mesin yang berkualitas. Pelayanan distribusi juga harus cepat seiring permintan produk baik di daerah Bali, Jawa, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan.

Gede Ngurah Wididana yang juga merupakan Direktur Utama PT Karya Pak Oles grup mengatakan di tahun 2023 sudah menyiapkan sejumlah program untuk pengembangan pabrik supaya semakin bagus.”Kita bisa buat program pendidikan,pertanian, studi banding dan lain sebagainya. Dilahan yang masih kosong nanti juga bisa dimanfaatkan untuk tempat olahraga, yoga agar karyawan tetap sehat, ujar Wididana disaksikan kedua orangtuanya yang juga hadir pada acara peresmian tersebut.

Perluasan gedung unit II pabrik EM di Desa Bantas dilakukan bersebelahan dengan pabrik pupuk organik padat Bokashi Kotaku dan pabrik Tanah Subur Pak Oles seluruhnya di atas hamparan lahan seluas 1 hektar. Perluasan pabrik di Desa Bantas untuk memproduksi EM4 pertanian dan EM4 pengolahan limbah  memperkuat Pabrik di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng yang juga telah diperluas setahun yang lalu. https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini