Prof Higa Kumpulkan Mikroba Menguntungkan Jadi EM

0
44
Staf Ahli PT. Songgolangit Persada Ir. I Gusti Ketut Riksa dalam sebuah aktivitas.

Guru Besar Bidang Hortikultura Universiy of The Ryukyus Okinawa, Jepang Prof. Dr. Teruo Higa banyak sekali melakukan penelitian mikroba menghasilkan semua antioksidan yang menguntungkan, semuanya dikumpulkan menjadi satu yang disebut Teknologi Effetive Micoorganisms (EM).

“Salah seorang mantan mahasiswa Prof Higa dari Indonesia, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr, pendiri PT Songgolangit Persada (SLP) mendapat lisensi untuk mengembangkan teknologi ramah lingkungan tersebut di nusantara,” kata Staf Ahli PT SLP tersebut, Ir. I Gusti Ketut Riksa.

Ia mengatakan, Prof. Higa melakukan penelitian itu selama 12 tahun yang dibantu hasil tulisan tesis disertasi karya ilmiah para mahasiswa hingga menghasilkan teknologi yang mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Gede Ngurah Wididana yang akrab disapa Pak Oles, yang satu-satunya di Indonesia mendapat lesensi dari EM Research Organization (EMRO) Jepang menciptakan empat varian yang terdiri atas EM4 pertanian, EM4 perikanan, EM4 peternakan dan EM4 untuk mengatasi limbah.

Gusti Ketut Riksa menjelaskan, EM4 pertanian dalam kemasan botol satu liter warna kuning bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk organik cair dan padat sehingga pupuk tersebut tidak mengandung kimia berbahaya.

EM4 pertanian tersebut cocok untuk tanaman perkebunan, hortikultura, padi, palawija yang mampu memperbaiki sifat fisik biologi tanah, meningkatkan produksi tanaman, menjaga kestabilan produksi dan menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Sedangkan EM4 untuk peternakan dimanfaatkan untuk menyemprot pakan ternak sehingga ternak itu bisa nyaman hidupnya tanpa menggunakan antibiotika. Selain itu juga mencegah bau tidak sedap pada kandang dan tempat pembuangan kotoran ternak.

Sementara EM4 perikanan untuk meningkatkan kualiutas air, karena dengan kualitas air yang baik semua biota yang ada di alam akan tumbuh dan berkembang dengan baik mendukung usaha sektor perikanan.

Sedangkan EM4 pengolahan limbah dapat dipergunakan untuk mengatasi pencemaran lingkungan dan menjernihkan air limbah, air danau dan air sungai, ujar Gusti Ketut Riksa. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini