Manfaat Probiotik Terhadap Ternak Ayam

0
63
Seorang pekerja sedang menyemprot ternak ayam broiler menggunakan EM4 di Sumayasa Farm Tabanan-Bali.

Pemberian probiotik terhadap ternak ayam bertujuan untuk mengontrol ekosistem dalam saluran pencernaan, menjaga kesehatan usus agar proses penyerapan berlangsung dengan baik.

Probiotik telah terbukti ampuh dalam meningkatkan kesehatan usus pada ternak serta menekan bakteri pathogen (Vila et Al., 2010). Effective Microorganisms 4 (EM4) Peternakan produksi PT Songgolangit Persada dapat diberikan pada ternak unggas, bisa dalam bentuk campuran ransum atau diberikan melalui air minum.

Beberapa penelitian pada ayam broiler menunjukkan, bahwa penambahan probiotik dalam ransum dapat meningkatkan pertambahan bobot badan, menurunkan konversi pakan dan mortalitas.

Hal ini didukung oleh Soeharsono (2002) yang menyatakan bahwa EM-4 mampu meningkatkan konsumsi pakan dan menambah bobot berat badan.

Peningkatan pertambahan bobot badan berkat probiotik yang diberikan, selain dapat mempertahankan keseimbangan ekosistem dalam usus seperti yang dilaporkan oleh Nisbet et al. (1993) dan Corrier et al. (1994). EM pelopor probiotik untuk peternakan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini