H Agus Urson: Teknologi Fermentasi Probiotik Budidaya Perikanan Suatu Keharusan

0
73
Direktur PT Songgolangit Persada Ir. H Agus Urson Hadi Pramono dalam Webinar Teknologi Fermentasi Untuk Budidaya Perikanan.

Direktur PT Songgolangit Persada Ir. H Agus Urson Hadi Pramono mengakatakan penggunaan teknologi fermentasi dengan menggunakan probiotik dalam budidaya perikanan adalah suatu yang menjadi keharusan pada sistem budidaya yang semakin intensif. Hal tersebut dikatakan saat memberi sambutan pada Webinar yang bertajuk “Teknologi Fermentasi Untuk Budidaya Perikanan”, Selasa (20/12/22).

Webinar ke 8 yang diselenggaran Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali diikuti sebanyak 162 orang peserta yang terdiri dari berbagai profesi seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), petani, penyuluh, mahasiswa dan lainnya berlangsung lancar.

“P2MKP IPSA Bali bekerjasama dengan PT Songgolangit Persada mengadakan webinar yang mudah-mudahan dengan kegiatan ini informasi baik ilmu teknologi baru yang disampaikan para narasumber bisa membantu masyarakat yang bergerak dalam bidang perikanan khususnya dipedesaan bisa diterapkan untuk mengelola budidaya perikanan sehingga menjadi lebih bagus,”ujarnya.

Agus Urson menambahkan, kegiatan ini sejalan dengan P2MKP Bali bahwa membangun desa akan membangun bangsa, Apalagi di Indonesia sangat banyak ada desa. Dengan membangun desa tersebut otomatis bangsa ini akan terbangun dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan tersebut, Agus Urson juga menjelaskan bahwa P2MKP IPSA Bali itu bernaung dibawah PT Songgolangit Persada, dimana dulu yayasan IPSA sekarang menjadi yayasan Gede Ngurah Wididana (GNW). “Adapun yayasan lainnya adalah diklat pertanian dalam arti luas atau P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya) yang sering mengadakan kegiatan pelatihan pertanian organik, baik itu pertanian purna bakti menjelang masa pensiun,” jelasnya.

Webinar Teknologi Fermentasi Untuk Budidaya Perikanan menampilkan tiga pembicara diantaranya Dr. Senny Helmiati, S.Pi, MSc, dosen Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dengan kertas kerja “Pakan Ikan Alternatif dengan Teknik Fermentasi.

Selain itu juga tampil Indah Istiqomah, S.Pt, M.Si, Ph.D, dosen Program Studi Akuakultur Fakultas Pertanian UGM dengan makalah “Probiotik untuk Pengelolaan Mikrobioma Budidaya ikan” dan Direktur Utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr dengan materi berjudul Penggunaan EM4 untuk Menaikkan Kualitas Air, Produksi Ikan dan Udang.

Juga menghadirkan Dr. Lilly Aprilya Pregiwati, S.Pi, M.Si , Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan yang didaulat untuk membukan webinar melalui aplikasi zoom yang dimoderatori oleh Kepala IPSA Bali, Ketut Jadiyasa S.Sos.https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini