Pak Oles Green School Konsep Pertanian Perkotaan

0
81
Siswa/i SMK Widya Utama Indramayu, Jawa Barat mengamati berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat saat belajar ke Pak Oles Green School, di Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

Konsep pertanian perkotaan yang diterapkan di Pak Oles Green School pada hamparan lahan seluas 4.000 meter persegi (40 are) di Jalan Waribang, Kesiman Denpasar Timur untuk melakukan pembelajaran kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

“Kami undang dan latih mulai dari anak Taman Kanak-Kanak (TK), sekolah dasar, sekolah menengah pertama/atas hingga perguruan tinggi, khususnya mahasiswa fakultas pertanian dan farmasi,” kata Direktur Utama PT Songgolangit Persada Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr.

Ia mengatakan, pelajar dan mahasiswa yang datang dari berbagai jenjang pendidikan itu di berbagai daerah di Indonesia ingin melihat pertanian organik yang diajarkan, diterapkan dan hasilnya bagimana.

Pertanian organik dengan sentuhan teknologi Effective Microorganisms (EM4) diterapkan di Pak Oles Green School selama 13 tahun yang silam.

Pak Oles Green School, sebuah tempat yang mengoleksi lebih dari 100 jenis tanaman obat yang berkhasiat sebagai tempat edukasi tentang pertanian organik yang dibuka untuk masyarakat umum dan kalangan pelajar.

Kebun itulah menjadi contoh pertanian organik perkotaan yang disebut Bokashi Farm atau pertanian organik dengan menggunakan pupuk bokashi sentuhan teknologi EM dari Jepang.

Dalam kawasan kebun pertanian organik tersebut dikembangkan pelayanan restoran dan tempat pelatihan. Pelatihan berlangsung sehari untuk belajar melihat langsung pertanian organik menggunakan teknologi EM, ujar Pak Oles. https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini