Pakan Udang Sentuhan EM Kultur Campuran Bermanfaat

0
62
Seorang pekerja sedang membuat pakan udang yang difermentasi dengan EM4.

Pakan udang dengan sentuhan teknologi Effective Microorganisms 4 (EM4) perikanan adalah probiotik atau kultur campuran mikroorganisme yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas air tambak secara efektif.

“EM4 perikanan dapat meningkatkan hasil produksi ikan dan udang, menguraikan bahan-bahan sisa pakan, kotoran menjadi senyawa organik yang bermanfaat,”kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, budidaya udang di tambak membutuhkan parameter lingkungan optimal menyangkut fisik, kimia dan biologi. Salah satu upaya potensial dalam mengatasi penyakit sekaligus meningkatkan produksi pada budidaya udang vaname di tambak adalah penggunaan probiotik.

Probiotik dapat mampu meningkatkan penyerapan nutrisi pakan sehingga pertumbuhan udang menjadi lebih cepat, kelompok bakteri asam laktat berperan dalam meningkatkan nafsu makan udang, memproduksi antibiotik, dan meningkatkan respon imun terhadap berbagai bakteri yang bersifat pathogen.

Pemberian fermentasi EM4 Perikanan dapat dilakukan dengan mencampur pada pakan udang, sehingga diharapkan mampu meningkatkan kelangsungan hidup udang yang semakin tinggi.

Probiotik EM mendominasi bakteri menguntungkan sehingga mampu memberikan kelulusan hidup yang baik terhadap udang dan memberikan pertahanan tubuh udang dalam melawan infeksi bakteri, tutur Koentjoro Adijanto. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini