Eckha Satria Kembangkan Ikan Koki Oranda dengan EM

0
58
Eckha Satria menunjukkan produk EM4 yang dipergunakan dalam budidaya ikan mas Koki Oranda.

Ikan hias mas koki Oranda tidak asing lagi bagi pecinta ikan hias. Koki Oranda memiliki bentuk tubuh bulat dan besar, sisik berkilau, sirip ekor panjang dan mempunyai jambul di bagian kepala sehingga tampil cantik, menawan dan menarik.

Eckha Satria salah seorang penghobi ikan hias mengembangkan ikan mas koki oranda di rumahnya Jalan Tukad Melangit, Panjer, Denpasar Selatan. Awalnya suami dari Noviani ini membeli indukan ikan koki oranda dan mencoba mengawinkan, dimana satu indukan betina dan dua pejantan dimasukkan ke dalam ember lanjut diberi ikatan tali rafia sebagai media telur ikan.

Bila ikan telah bertelur, induknya langsung dipindahkan supaya tidak memakan telurnya, selain itu telur juga tidak perlu dierami induknya. Dengan perawatan yang baik, idukan ikan dalam jangka waktu empat minggu sudah bisa dipindahkan kembali.

Dalam mengembangbiakkan ikan mas koki, ayah dua putra ini mengatakan, masalah kesehatan air adalah hal utama yang harus diperhatikan. “Ikan hias mas koki sangat sensitif, bila air sedikit kotor akibat sisa makanan atau kotoran ikan akan membuat ikan cepat lemas dan mati,”ujar Eckha yang memelihara ikan hias sejak tahun 2021.

Untuk mengatasi masalah air, bapak dua orang putra ini menggunakan EM4 Perikanan produk dari PT. Songgolangit Persada. Secara rutin EM4 dipergunakan untuk kesehatan dan pertumbuhan ikan hiasnya. “Saya menggunakan EM4 biasanya saat pergantian air dan juga dicampur pada pakannya. Dengan begitu ikan selalu tampil sehat dan lincah pergerakkannya,” ujar pria yang memiliki hobi mancing ini.

EM4 perikanan sendiri memiliki manfaat untuk memperbaiki mutu air, menguraikan bahan-bahan sisa pakan, kotoran ikan, menekan mikroorganisme pathogen, membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ikan serta dapat menekan hama dan penyakit yang ada dalam kolam. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini