Pupuk Bokashi Kotaku Perbaiki Struktur Tanah

0
70
Sejumlah pekerja sedang mengemas Pupuk Organik Bokashi Kotaku di Desa Bantas, Selemadeg Timur, Tabanan.

Struktur tanah merupakan sifat fisik tanah yang menggambarkan susunan ruangan partikel-partikel tanah yang bergabung satu dengan yang lain membentuk gumpalan kecil.

“Struktur tanah sendiri dapat diartikan sebagai bagian dari pasir, tanah liat dan  debu yang terbentuk secara alami,” kata Manajer Pak Oles Green School Jalan Waribang Kesiman, Denpasar Timur, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia menjelaskan, struktur tanah sangat mempengaruhi kemampuan aerasi, infiltrasi, serapan, laju pergerakan serta ketersediaan air di dalam lapisan tanah.

Struktur tanah berperan penting terhadap perkembangan pertumbuhan tanaman. Pupuk organik padat Bokashi Kotaku produksi unit Pabrik Bantas, Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan mengandung Effective Microorganisms 4 (EM4) bermanfaat sebagai bagian integral dari tanah yang dapat meningkatkan konsentrasi hara di dalam tanah.

Pupuk Bokashi Kotaku juga mampu meningkatkan agregasi tanah, memperbaiki tata udara, air tanah dan perkolasi serta membuat truktur tanah menjadi lebih ramah dan mudah diolah.

Selanjutnya, perakaran tanaman akan berkembang dengan baik dan mampu menyerap unsur hara yang banyak, sehingga dapat meningkatkan produksi tanaman. Pupuk Bokashi Kotaku cocok untuk semua jenis tanaman, tutur Koentjoro Adijanto.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini