Pestisida Organik Hemat Biaya Tingkatkan Mutu Pertanian

0
21
Pembuatan pupuk organik cair dari limbah rumah tangga menggunakan EM4.

Pestisida organik untuk mengatasi berbagai jenis hama yang menyerang tanaman atau kebun piharaan dapat dibuat dengan campuran daun-daunan, umbi-umbian dan buah-buahan herbal yang dicacah (dipotong-potong) menjadi bagian kecil lalu difermentasi dengan Effective Microorganisme (EM) dalam wadah tertutup.

“Bahan-bahan campuran yang telah dipotong menjadi bagian-bagian kecil difermentasi dalam wadah tertutup selama dua minggu, dengan perbandingan satu liter air diisi 10 mililiter EM,” kata Direktur Utama PT. Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr ketika tampil sebagai pembicara utama dalam Webinar mengusung tema “Bertani Murah, Meriah, Hasilnya Berlimpah”

Ia tampil secara bergantian dengan pembicara lain yakni Rezali Anshar, S.ST, MM, Owner Youtube Channel Penyuluh Pertanian Lapangan dari Kalimantan Selatan, di hadapan ratusan peserta kalangan milenial dari berbagai daerah di Indonesia yang dipandu moderator Wibhuti Emriko B.SC M.SC.

Alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang itu menjelaskan, setelah fermentasi selama dua minggu, festisida organik itu siap digunakan untuk menyemprot tanaman yang terserang hama penyakit.

“Proses pembuatan pestisida organik itu sangat mudah, murah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, dengan konsep menghemat biaya dalam bidang pertanian, meningkatkan kualitas produksi pertanian dan menghemat penggunaan air dalam tanah,” tutur Gede Ngurah Wididana, sosok pria enerjik yang dikenal sebagai pelopor pertanian organik di Indonesia dengan memperkenalkan teknologi EM yang diadopsi dari Jepang.

Membuat pestisida organik dapat dilakukan dalam skala kecil untuk lingkungan rumah tangga, tanaman dalam pot dan pekarangan rumah, maupun dalam skala besar untuk kegiatan industri sehingga membutuhkan banyak bahan baku dan pemerosesan juga dilakukan dalam skala besar.

Menekuni kegiatan pertanian dalam skala kecil mampu memberikan manfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau sebagai sarana hiburan untuk menghilangkan stres setelah menjalani aktivitas keseharian. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini