Pengembangan Sektor Perikanan Perlu Sentuhan Teknologi EM

0
16
Wayan Dharmayasa, dari Fungsional Perikanan Tangkap pada Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng memberikan materi tentang EM4 kepada peserta pelatihan di IPSA.

Pengembangan sektor perikanan merupakan salah satu bidang usaha yang memerlukan sentuhan Effective Micoorganisme4 (EM4) produksi PT Songgolangit Persada, satu-satunya di Indonesia yang mendapat lisensi dari EMRO Jepang.

“Produk EM4 perikanan merupakan pengembangan teknologi kultur mikroorganisme yang memiliki keuntungan dan banyak manfaatnya dalam proses penyerapan/persediaan unsur hara di dalam tanah maupun kolam perikanan,” kata Fungsional Perikanan Tangkap pada Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, Wayan Dharmayasa.A.MD ketika memberikan materi pelatihan kepada peserta pertanian organik terpadu dengan teknologi EM di Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali, di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng.

Ia menjelaskan, EM4 merupakan cairan berwarna kecoklatan memiliki aroma segar. Kandungan EM4 perikanan adalah bakteri yang mengalami fermentasi seperti genus lactobacilllius, actinomycetes, bakteri fotosistetik, bakteri pelarut fosfat, jamur fermentasi dan terdapat kandungan ragi.

EM perikanan dan tambak, salah satu dari empat jenis EM4 yang diproduksi PT SLP berasal dari bakteri mikroba yang telah terfermentasi dari bahan organik dan secara signifikan memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil perikanan dan tambak. Tiga jenis EM4 lainnya produksi PT SLP meliputi EM4 pertanian, EM4 peternakan dan EM4 untuk mengatasi limbah (pencemaran).

Wayan Dharmayasa menambahkan, EM4 perikanan dan tambak mempunyai peran yang sangat penting dan strategis, karena ikan merupakan pensuplai protein hewani yang berguna bagi perkembangan dan kecerdasan otak manusia
Protein ikan yang ada dalam tubuh ikan sangat lengkap, yakni kelebihan protein asal ikan dibandingkan dengan protein lainnya seperti ayam, sapi, kambing dan lain lain memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga cocok untuk orang yang melakukan diet kolesterol.

Selain itu mampu mengurangi resiko penyakit darah tinggi, diabetes, kanker, penyakit kulit, mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki kandungan omega 3 yang sangat berguna untuk perkembangan otak manusia.

Ikan juga mengandung berbagai vitamnin A, B, D dan E yang berguna untuk mencegah kebutaan, sakit beri-beri, sariawan, kulit pecah-pecah dan mencegah kemandulan. Demikian pula ikan sebagai sumber mineral seperti zat besi, kalsium, lodium, phospor serta selennium yang berguna untuk pembentukan darah dan tulang serta mencegah penyakit gondok, jantung dan kanker, ujar Wayan Dharmayasa. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini