Pendingin Untuk Bisa Kembali Rileks

0
13
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup

Pendingin Untuk Bisa Kembali Rileks

Oleh: Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr *)

Udara panas membikin suhu tubuh menjadi panas, tubuh panas, sehingga bisa membuat pikiran tidak bisa bekerja maksimal. Tubuh perlu didinginkan dengan membasuh muka, tangan dan kaki.

Bila memungkinkan pendinginan tubuh bisa dilakukan dengan mandi kilat, yakni menyiram tubuh beberapa menit menggunakan air dingin, kemudian mengeringkannya dengan handuk. Hanya beberapa menit kemudian tubuh akan menjadi segar dan bisa bekerja atau berpikir menjadi rileks.

Demikian juga jika pikiran kita panas, karena banyak masalah yang belum terselesaikan, atau karena tegang dan kepayahan, pikiran perlu didinginkan dengan meditasi, dikembalikan ke titik nol untuk mendapatkan kesegarannya kembali.

Dengan menarik nafas panjang dan mengeluarkannya secara penuh kesadaran dan perhatian. Ibarat komputer yang bekerja lama, panasnya perlu didinginkan dengan merefresh, dan memberikan kipas angin kecil sehingga dia bisa bekerja normal kembali.

*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang dan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
linktr.ee/pakolescom #pakoles.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini