Pertanian Tetap Strategis Dalam Kehidupan Modern

0
31
Dua orang petani sedang memupuk tanaman semangka di kawasan Jembrana-Bali.

Pengembangan sektor pertanian dalam kehidupan modern tetap mempunyai peranan strategis guna memenuhi kebutuhan pangan, mendukung bahan baku industri makanan jadi, agro industri, menghasilkan bahan baku industri bidang kesehatan maupun industri kosmetik.

“Demikian pula hasil pertanian berupa karet, kelapa sawit dan berbagai komoditas pertanian lainnya maupun perikan dan peternakan tetap dibutuhkan masyarakat dalam kehidupan modern,”kata Direktur Utama PT. Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr ketika tampil sebagai pembicara utama dalam Webinar mengusung tema “Bertani Murah, Meriah, Hasilnya Berlimpah”.

Ia tampil secara bergantian dengan pembicara lain yakni Rezali Anshar, S.ST, MM, Owner Youtube Channel Penyuluh Pertanian Lapangan dari Kalimantan Selatan, di hadapan ratusan peserta kalangan milenial dari berbagai daerah di Indonesia yang dipandu moderator Wibhuti Emriko B.SC M.SC.

Alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang itu menjelaskan, dalam skala kecil menekuni aktivitas pertanian dapat berfungsi sebagai hiburan untuk menghilangkan stres di tengah aktivitas keseharian, menghasilkan sayur dan bahan pangan lainnya untuk keperluan rumah tangga.

Sektor pertanian juga mampu mendukung industri pariwisata, menjaga lingkungan, seni budaya masyarakat dan kesehatan, sehingga kehadiran sektor pertanian tidak bisa ditinggal dalam kehidupan modern.

Oleh sebab itu untuk menjadikan sektor pertanian tetap eksis dalam kehidupan modern digeluti kalangan generasi muda, perlu memberikan pelatihan teknologi pertanian yang tepat dan menarik bagi kalangan mileniah sekaligus memberikan pendidikan dan laltihan tentang teknologi pertanian yang tepat, menarik dan diminati.

Dengan cara pendidikan dan pelatihan bidang pertanian di jaman modern, kehadiran anak-anak muda yang menggeluti bidang pertanian menjadi nyambung untuk melanjutkan pertanian sebelumnya, karena pertanian tidak bisa ditinggalkan dalam kehidupan umat manusia.

Sektor pertanian selain memperoleh produksi untuk memenuhi kebutuhan pangan juga sangat bermanfaat untuk melestarikan lingkungan, menyediakan oksigen dengan kualitas yang bagus, meningkatkan mutu air dan lingkungan udara menjadi sejuk, ujar Gede Ngurah Wididana. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini