Adopsi Teknologi EM Ke Indonesia Banyak Manfaat

0
37
Gede Ngurah Wididana saat berbincang melalui zoom dengan Rizali Anshar.

Direktur utama PT Songgolangit Persada, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menegaskan, teknologi Effective Microorganisms (EM) hasil temuan Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar bidang hortikultura University Ryukyus Okinawa, Jepang diadopsi ke Indonesia memberikan banyak manfaat membantu petani, mengingat kepulauan Nusantara memiliki potensi besar sebagai negara agraris dengan pertanian organik.

“Pupuk hayati EM4 mengandung mikroorganisme effektif dari golongan ragi, laktobacillus dan bakteri fotosintetik untuk menyehatkan tanah dan kesuburan tanaman, sehingga tanaman bisa berproduksi secara maksimal,” Tutur Gede Ngurah Wididana ketika melakukan podcast melaui aplikasi zoom dengan youtuber dari Kalimantan, Rizali Anshar yang memiliki chenel youtub “Penyuluh Pertanian Lapangan”.

Teknologi EM di Jepang setelah diadopsi ke Indonesia tahun 1992, waktu itu belum dibuatkan merek yang tepat gabungan antara EM1, EM2 dan EM3 antara kelompok ragi, kelompok laktobacillus dan fotosintetik, lalu daftarkan namanya EM4.

Gede Ngurah Wididana, mantan mahasiswa Prof. Higa dalam menyelesaikan program pasca sarjana selama tiga tahun (1987-1990) merupakan satu-satunya dari Indonesia yang mendapat lisensi dari Effective Microorganisms Research Organization (EMRO) Jepang untuk mengembangkan dan memproduksi EM di Nusantara.

Teknologi EM sangat simpel, efisien, effektif, sederhana dan di Indonesia sangat mudah diaplikasikan, karena bahan organiknya banyak dan usaha peternakan sapi, kambing, kerbau, ayam menjamur di mana-mana.

Demikian pula usaha pertanian terpadu ketika teknologi EM4 diadopsi ke Indonesai mulai diintensifkan, mengingat pupuk kimia dan bahan-bahan lain non organik semakin mahal. Dengan demikian adopsi teknologi EM dari Jepang ke Indonesia dinilai sangat tepat, karena teknologinya mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Upaya itu sangat membantu dan membesarkan petani Indonesia yang memiliki potensi besar sebagai negara agraris dengan pertanian organik. Masyrakat Indonesia mengetahui dan memanfaatkan teknologi EM4 untuk bidang lingkungan, peternakan, pertanian dan perikanan. Semua itu untuk mewujudkan lingkungan yang lestari dan masyarakat sejahtera, ujar Gede Ngurah Wididana. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini