Sosialisasi Dan Pelatihan Buat Pupuk Bokashi EM4

0
36
Suasana sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk bokashi padat dan cair berteknologi Effetive Microorganisms4 (EM4) gabungan kelompok tani.

Sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk bokashi padat serta cair berteknologi Effetive Microorganisms4 (EM4) gabungan kelompok tani (Gapoktan) Sari Bumi Desa Prawatan Wilayah Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Jogonalan Magelang, Jawa Tengah mendapat perhatian besar masyarakat setempat.

Acara silaturahmi dengan ketua kelompok tani (Gapoktan) diisi dengan cara pembuatan bokashi padat, cair dan pengetahuan tentang produk organik EM4.
Menurut Kepala Pemasaran PT. Songgolangit Cabang Magelang, Sarmo Saputro kegiatan tersebut memberikan informasi tentang keunggulan menggunakan pupuk padat Bokashi dan pupuk cair organik yang ramah lingkungan.

Pupuk Bokashi sangat bermanfaat untuk memperbaiki kesuburan tanah, membenahi fisik, kimia dan biologi tanah sekitar tanaman sehingga poros dan rongga tanah menjadi baik.

Mendekomposisi bahan-bahan organik dengan sistem fermentasi dan menghasilkan, asam amino, vitamin, gula, alcohol, enzim dan anti oksidan yang dibutuhkan tanaman.
‘’Pada tanaman dapat merangsang dan menguatkan pertumbuhan akar, mempercepat pertumbuhan bibit, tunas dan merangsang keluarnya bunga dan menjadi buah,’’ tutur , Sarmo Saputro.

Kelompok tani yang menggunakan EM4, merasa senang tanamannya antara lain padi dan sayuran tumbuh subur. Sedang untuk membuat Bokashi cair, anggota Gapoktan memanfaatkan kotoran sapi dan air seni sapi yang difermentasi dengan larutan EM4.

Kemudian dengan memanfaatkan tandon air bekas yang sudah tidak terpakai kedua bahan tersebut dilarutkan dengan air dan tidak ketinggalan memanfaatkan kerja bakteri yang effektif (EM4) untuk mempercepat proses penguraian.

EM4 yang diperlukan untuk memfermentasi larutan kotoran sapi dan urin sebanyak 1.000 liter diperlukan 10–15 liter EM4 dan 10–15 liter Molasse (tetes tebu) kemudian ditutup rapat dan sekali-kali dibuka untuk membuang gas yang terbentuk dari proses fermentasi.

Ciri atau tanda bahwa racikan Bokashi cair tersebut sudah jadi atau siap untuk dipergunakan yaitu dengan munculnya aroma manis seperti tape pada larutan kotoran sapi+urin yang pada awalnya baunya busuk menyengat.

Setelah racikan pupuk cair EM4 jadi, kemudian mencampurkan larutan tersebut dengan air biasa dengan perbandingan 1:4 sampai dengan 1:10 lalu dengan menggunakan pompa air, larutan tersebut disiramkan ke sekitar perakaran tanaman. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini