Banyak Manfaat Pertanian Organik Berbasis EM

0
152
Seorang pekerja di Sulham Farm sedang memanen buah cabai yang dibudidayakan dengan sentuhan EM4.

Petani dan masyarakat umum selama ini memperoleh banyak manfaat dan keuntungan dari menerapkan pertanian organik berbasis teknologi Effective Microorganisms 4 (EM4) yang dikenal sebagai “bakteri sakti” dari Jepang.

Pegembangan pertanian organik ramah lingkungan hasil temuan Prof. Dr. Teruo Higa, guru besar bidang hortikultura University of The Ryukyus Okinawa, Jepang (1980) telah terbukti ampuh menjadikan lahan sawah/kebun selamanya tetap subur menghasilkan bahan pangan yang aman dan melimpah memenuhi kebutuhan pangan penduduk dunia yang cenderung semakin meningkat.

“Lahan pertanian/perkebunan terawat secara baik kesuburannya berkat menggunakan bahan organik kaya akan sumber hidup (Bokashi) hasil fermentasi sentuhan EM sehingga sangat baik diwariskan kepada anak dan cucu,” tutur instruktur pada Institut Pengembangan Sumber daya Alam (IPSA) Bali, I Gusti Ketut Riksa yang mencetak petani organik dari berbagai daerah di Indonesia untuk diterapkan di daerah asalnya masing-masing.

Ia menambahkan, pengembangan pertanian organik berbasis EM yang telah dikembangkan di 130 negara di belahan dunia termasuk Indonesia  memperoleh keuntungan yakni pangan yang sehat kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dengan baik, kelestarian lingkungan dapat terpelihara dengan baik yang secara tidak langsung sangat penting bagi kesehatan dan kehidupan umat manusia.

“Sesungguhnya manusia, hewan dan tanaman memerlukan sentuhan EM untuk kelangsungan hidupnya masing-masing,” ujar Gusti Riksa yang juga Staf Ahli PT Songgolangit Persada, sebuah perusahaan swasta nasional yang didirikan oleh Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr agen tunggal yang memproduksi dan memasarkan EM4 pertanian, EM4 perikanan, EM4 peternakan dan EM4 limbah ke seluruh daerah di Nusantara yang mendapat lisensi dari EMRO Jepang.

Pertanian organik dengan sentuhan EM mampu meningkatkan produksi kualitas dan kuantitasnya, mudah diterapkan semua orang dan menjamin untuk memenuhi pangan penduduk dunia, apalagi dibarengi dengan kemampuan menghijaukan tanah-tanah gurun pasir yang luas.

Keuntungan dari peranian organik berbasis EM yakni lahan pertanian, perkebunan selamanya subur tentu sangat baik untuk diwariskan kepada generasi mendatang anak dan cucu keturunan.

Produksi yang dihasilkan sehat dikonsumsi lahir batin, sehingga lama-kelamaan, meskipun tidak mengantongi sertifikat hasil pertanian organik akan dapat pelanggan tetap.

Kuncinya mau bekerja dengan menerapkan pertanian organik berbasis EM dengan biaya yang sangat murah dan terjangkau, karena semua sarananya dapat dibuat sendiri, tidak perlu membeli karena semuanya mandiri.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini