Mahasiswa-Dosen Politeknik Makassar Kebagian Minyak Bokashi

0
19
Sejumlah mahasiswa Politeknik Makassar menunjukkan produk Minyak Oles Bokashi dan Balsem Bokashi produk dari Industri Obat Tradisional PT Karya Pak Oles Tokcer.

Sebanyak 48 mahasiswa dan 10 dosen pembimbing Politeknik Sandikarsa Jurusan Farmasi Makassar, Sulawesi Selatan kebagian Minyak Oles Bokashi dan Balsem Bokashi saat mengunjungi pabrik Obat tradisional PT Karya Pak Oles Tokcer (KPOT).

Setiap peserta mendapat cinderamata Produk Ramuan Pak Oles yang telah dikenal konsumen dan masyarakat luas, bahkan dipercaya sebagai obat keluarga masyarkat Indonesia.

Minyak Oles Bokashi, minyak herbal asli Bali untuk membantu meringankan pengal linu, meredakan bisul, gatal dan bengkak akibat gigitan serangga serta sebagai bahan campuran mandi rempah, guna membantu mengurangi bau tidak sedap.

Sedangkan Balsem Bokashi mempunyai khasiat membantu meredakan nyeri otot, keseleo, encok dan pegal linu, serta membantu meredakan hidung tersumbat, pusing, sakit kepala, gejala masuk angin, mabuk perjalanan dan gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Gede Ngurah Wididana yang akrab disapa Pak Oles itu melakukan penelitian tentang pertanian organik, teknologi Effective Microorganisms (EM) dan tanaman obat (herbal) di bawah bimbingan Prof. Dr. Truo Higa dari University of The Ryukyus, Okinawa, Jepang, selama tujuh tahun, 1990-1997.

Penelitian tersebut membuahkan hasil, yakni Minyak Oles Bokashi dan prestasi gemilang itu langsung dipatenkan di Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia, Pemerintah Indonesia.

Pak Oles, alumnus Program Pasca Sarjana Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang selanjutnya hak produksi dan pemasaran Minyak Bokashi diberikan penuh kepada PT. Karya Pak Oles Tokcer, yang didirikan dan dipimpin langsung sejak didirikan tahun 1997 hingga sekarang telah berlangsung selama 25 tahun.

Bahkan Gede Ngurah Wididana, sosok pria enerjik itu sekarang lebih dikenal dengan nama Pak Oles. Sebenarnya nama Oles tersebut adalah singkatan dari kata “Organik, Lestari, Sehat dan Sejahtera”, yang merupakan visi usaha dari perjuangan Pak Oles dalam memajukan pertanian organik, agar lingkungan lestari, sehingga masyarakatnya sehat dan sejahtera. linktr.ee/pakolescom #pakoles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini