Manajemen Kesehatan Ternak Dengan EM

0
23
Koenjoro Adijanto (tengah) saat mempraktekkan pembuatan Fermented Plant Extract (FPE) di Pak Oles Green School, Jalan Waribang Kesiman, Denpasar Timur.

Oleh: Ir. Koentjoro Adijanto *)
Pembuatan jamu ternak dengan fermentor Effective Microorganisms (EM) berperan sebagai obat alami bagi hewan. Jamu herbal itu berfungsi untuk meningkatkan stamina tubuh ternak agar lebih kebal terhadap serangan penyakit termasuk virus yang sangat merugikan untuk pertumbuhan ternak.

Contoh tanaman obat tersebut antara lain temulawak, kunyit, lempuyang dan masih banyak lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai jamu ternak. Jamu itu sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan ternak dan mencegah resiko kematian.

Kunyit (Curcuma dimestica Val.) berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan hewan ternak serta meningkatkan kinerja organ pencernaan ternak. Kunyit bekerja di dalam tubuh hewan dengan cara merangsang dinding kantong empedu mengeluarkan cairan empedu dan merangsang getah pankreas yang mengandung enzim amilase, lipase, dan protease.

Kehadiran enzim-enzim tersebut sangat bermanfaat untuk membantu organ pencernaan dalam menyerap bahan pakan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak.
EM4 Peternakan mampu memperbaiki jasad renik di dalam saluran pencernaan ternak, sehingga kesehatan ternak akan meningkat, tidak mudah stres dan bau kotoran akan berkurang dan lingkungan sekitarnya menjadi lestari.

Dengan pemberian jamu ternak yang telah difermentasi dengan EM4 akan berguna dalam meningkatkan nafsu makan, anti implamasinya, anti radang dan penguatan otot, sehingga otomatis pengobatan akan lebih maksimal. EM pelopor peternakan organik di Indonesia.

*) Manajer Pak Oles Green School. #songgolangitpersada #emindonesia #empeternkanan #jamuternak #em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini