Ikan Koi Lincah Cepat Besar Berkat EM4

0
63
Ikan Koi tumbuh sehat dan cepat besar berkat EM4 perikanan.

Sebuah kolam yang tertata apik di areal parkiran pabrik EM4, pupuk Bokashi Kotaku dan Tanah Subur PT Songgolangit Persada di Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan memelihara puluhan ekor ikan koi yang berwarna-warni dengan corak yang indah.

Penampilan ikan koi yang sangat lincah, sehat dan cepat besar itu sangat ditentukan oleh kualitas air. Untuk menjaga mutu air tetap baik sehingga ikan dapat hidup dan berkembang cepat besar berkat sentuhan Effective Microorganismes 4 (EM4) perikanan tutur Kadek Evariana, salah seorang karyawan di pabrik tersebut.

Memelihara ikan hias dalam kolam yang bergerak lincah senantiasa menjadi pusat perhatian setiap orang yang lewat itu di depan kolam tidak lepas dari sentuhan EM4 perikanan serta pakan ternak yang berkualitas pula.

EM4 perikanan mengandung kultur microorganisme yang menguntungkan, yakni berfungsi untuk meningkatkan bakteri pengurai bahan organik dan menahan pertumbuhan bakteri pathogen.

“Saya secara rutin menuangkan EM4 perikanan ke dalam kolam dan juga dicampur pada pakan ikan dengan cara merendam sesaat sebelum diberikan ikan ke dalam kolam. Hal itu menjadikan air kolam sangat jernih, tidak berbau dan baik untuk pertumbuhan ikan,” ujar Pria Asal Buleleng ini.

EM4 perikanan adalah salah satu dari empat jenis EM4 produksi PT Songgolangit Persada memberikan banyak manfaat antara lain memfermentasi sisa pakan, kotoran, cengkang udang di dasar kolam, mengurai gas-gas amoniak, metan dan hydrogen sulfida, meningkatkan oksigen terlarut (DO) dan air menjadi bersih sehingga tidak memerlukan penggantian air yang berulang-ulang.

Selain itu meningkatkan daya tubuh ikan sehingga mengurangi pemakaian antibiotik, meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ikan, mengurangi pemakaian bahan kimia serta menekan biaya produksi. Tiga jenis EM4 lainnya adalah EM4 pertanian, EM peternakan dan EM4 untuk mengatasi limbah. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini