Keyakinan

0
24
Kadek Brahma Shiro Wididana SE, MM. Staf Ahli Pemasaran PT Karya Pak Oles Tokcer.

Oleh: Kadek Brahma Shiro Wididana, SE., MM.*)
Keyakinan berarti kepercayaan, yaitu percaya pada kemampuan diri sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Hanya orang yang yakin pada dirinya sendirilah yang mampu mencapai tujuan.

Keyakinan itu adalah dasar kesuksesan atau keberhasilan. Informasi pengetahuan didapat dari guru, buku, orang lain atau intuisi. Intuisi adalah insting atau indera menangkap dan mengolah informasi dari luar diri sendiri berdasarkan perenungan dan pemikiran yang mendalam dan terfokus.

Pengeluaran adalah yang kita alami, baik secara sadar maupun tidak sadar. Pengalaman baik memberikan manfaat mendukung kearah yang lebih baik. Pengalaman buruk menyebabkan kita takut dan trauma.

Hendaknya kita mengingat dan mengulang pengalaman yang baik dan berguna. Banyak pengalaman, keberhasilan membuat kita semakin percaya diri untuk berhasil. Inilah yang membedakan orang yang kurang keyakinan, dan yakin pada diri sendiri. Keyakinan itu terus menerus diucapkan dan dipikirkan, ditularkan kepada orang lain untuk lebih memantapkan diri.

Keyakinan ibarat tiang dan pondasi bangunan. Ia harus dibangun kokoh, dirawat dan diperkuat untuk menyangga beban kerja mencapai tujuan, bertahan melawan angin dan goncangan, serta ketidak yakinan orang lain dan juga diri sendiri yang kerap kali muncul di tengah perjalanan.

Keyakinan perlu ditempa setelah kita menentukan tujuan. Banyak orang yang tidak yakin pada dirinya sendiri, walaupun mereka telah menetapkan tujuan. Hal inilah yang sangat menyedihkan. Ibarat kapal yang mau berlayar ke suatu tujuan, terpaksa kapalnya terkatung-katung di tengah laut karena tidak adanya bahan bakar.

Keyakinan adalah bahan bakar untuk mencapai tujuan. Bahan bakar itu harus terus menerus diisi. Buatlah bahan bakar yang tidak bisa habis, bahkan bisa mengisi tangki sendiri dan orang lain, untuk melaju ke pulau tujuan. Yakinlah pada diri sendiri, lingkungan dan kekuasaan Tuhan. Banyaklah belajar dan timbalah pengalaman. Tujuan pasti tercapai.*) Staf Ahli Pemasaran PT Karya Pak Oles Tokcer

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini