Nyoman Yuliarsana: Muda Merantau Bekal Sukses Berkarier

0
52
Nyoman Yuliarsana Manajer Personalia PT Karya Pak Oles grup saat beraktivitas di ruang kerja.

Sosok pria selalu tampil bersahaja, ramah dan cepat akrab dengan lawan bicaranya, namun cekatan, tegas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sebagai Manajer Personalia PT Karya Pak Oles Tokcer, sebuah perusahaan swasta nasional berbasis obat-obatan tradisional terbesar di Bali.

Nyoman Yuliarsana, pria kelahiran Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng, 13 Juni 1976 atau 46 tahun yang silam, sebelum bergabung dengan perusahaan Pak Oles pada tahun 2000, atau 22 tahun yang silam, ketika masih muda senang merantau ke Jawa untuk mencari pengalaman, setelah menyelesaikan pendidikan di Politeknik Negeri Bali yang berlokasi di Jimbaran, Kabupaten Badung.

“Saya sebelumnya bekerja sebagai staf Proyek Planning Control (PPC) tenaga teknis di lapangan pembangunan gedung Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton yang berlokasi di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur selama dua tahun, 1998-2000,” ujar suami dari Luh Putu Yuliardani, seorang karyawan Rumah Sakit Bali Med, Denpasar.

Tahapan pembangunan gedung dan sarana pendukung PLTU Paiton yang berkapasitas terbesar di Indonesia berhasil dirampungkan selama dua tahun, 1998-2000 dan siap-siap menangani proyek serupa di Sumatera. Nyoman Yuliarsana yang akrab disapa Pak Koming saat itu masih bujang memutuskan untuk tidak lagi bergabung dengan Proyek Planning Control yang menggarap proyek di Sumatera dan kembali ke kampung halamannya di Bengkel, Bali Utara.

Tak lama kemudian, Ia bergabung dengan perusahaan Pak Oles, yang telah mempunyai pabrik Minyak Oles Bokashi dan Produk Ramuan Pak Oles lainnya di Jalan Tukad Balian Renon Denpasar, pada bulan Januari tahun 2000. Awalnya sebagai pemasaran Minyak Oles Bokashi dan produk Ramuan Pak Oles lainnya dari satu rumah ke rumah tangga lainnya, pasar tradisional dan tempat-tempat keramaian umumnya di sejumlah Kabupaten di Bali.
Nyoman Yuliarsana yang menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) di Bengkel, SMP Negeri 1 Busungbiu, Kabupaten Buleleng dan SMA Negeri 2 Denpasar selanjutnya dipindahkan ke bagian umum PT KPOT yang memiliki sejumlah cabang pemasaran di Nusantara.

Semua pekerjaan, tugas dan tanggung jawab dimanapun ditugaskan dilakoninya dengan penuh semangat, tanggung jawab dan rasa senang. Sejak tahun 2007 dipercaya sebagai Manajer Personalia. Semua pengalaman, termasuk merantau ke Jawa sangat berguna dalam mengemban, melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugas yang dipikul.
Ayah dari Gede Liko Devana (18 tahun) yang baru saja menyelesaikan pendidikan SMAN4 Denpasar, hingga kini semua tugas dan tanggung jawab yang diembannya dapat diselesaikan dengan baik.

Personalia yang menangani bagian karyawan perusahaan yang menyangkut banyak tenaga kerja, memang satu,dua orang ada yang bermasalah, namun berkat pembinaan dan pendekatan yang dilakukan semuanya dapat diselesaikan dengan tuntas.
Tidak ada tugas-tugas yang dibebankan perusahaan yang tidak dapat diselesaikan. Tentu semuanya itu berkat kerjasama yang baik antara seluruh karyawan, jajaran manajemen, divisi dan direksi, tutur Pak Koming. linktr.ee/pakolescom #pakoles #minyakbokashi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini