Luka Pada Ternak Babi Obati Dengan Minyak Rajas

0
31
Pengobatan luka pada ternak babi menggunakan Minyak Rajas, produk dari PT. Songgolangit Persada.

Menjalani bisnis ternak tidak selalu berjalan mulus, namun ada saja kendala yang dihadapi sebelum mendapat hasil yang diharapkan. Hal tersebut dikatakan oleh Oki Diantara, sosok pria energik yang menekuni usaha peternakan babi di Desa Apuan, Kecamatan Baturiti, Tabanan-Bali.

Oki Diantara yang memiliki channel youtube dengan nama akun Okay Made Channel selalu berbagi tips atau pengalaman dalam berternak untuk masyarakat luas. Oki menjelaskan dalam beternak babi ada saja masalah terutama dalam kesehatan ternak babi.
“Pada ternak babi sering muncul masalah diare dan cacingan khususnya pada babi yang masih kecil. Biasnya kami selalu menggunakan obat yang diambil dari tanaman sekitar. Kalau diare kita menggunakan daun kopi untuk mengatasinya, namun bila tidak mempan baru diberikan suntikan obat injeksi,” ujarnya.

Sedangkan untuk luka pada kulit babi yang biasanya disebabkan karena gesekan dari besi kandang, Oki menggunakan Minyak Rajas produk dari PT. Songgolangit Persada. Minyak Rajas yang merupakan minyak herbal untuk hewan hasil dari ramuan beberapa tanaman berkasiat obat yang difermentasi dengan Effektive Microorganisms (EM). Minyak Rajas dapat digunakan untuk membantu pengobatan pada hewan kesanyangan dan hewan ternak.

Apabila ada ternak babi yang terluka, Oki langsung mengoleskan Minyak Rajas pada bagian luka tersebut dan digosok menggunakan daun tanaman pakis.”Saya gosok menggunakan daun pakis karena sudah sejak dahulu keluarga kami melakukannya,” ujarnya.

Selain itu, beternak babi juga harus memperhatikan kesehatan lingkungan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan akibat dari kotoran babi. “Untuk sanitasi lingkungan kandang saya mengunakan produk EM4 Peternakan guna mengatasi bau tidak sedap, selain itu ternak babi menjadi sehat juga terhindar dari kerumunan lalat,” Jelasnya. linktr.ee/pakolescom #songgolangitpersada #minyakrajas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini