Tangan Gatal Habis Berkebun Hilang Berkat Minyak Bokashi

0
17
Gede Ngurah Wididana sedang menyiram berbagai jenis tanaman yang tumbuh subur.

Oleh: Gede Ngurah Wididana *)

Di hari minggu sore, cuaca cerah, udara panas lembab, maka olah raga refreshing yang cocok adalah bersih-bersih taman, ganti pot, tambah pupuk dan tanah subur, memotong tanaman merambat, membuang dahan ranting tanaman yang tidak perlu, mencabut rumput, menata kembali letak tanaman, dan menyiram tananaman.

Kami bertiga merancang kerja bakti berkebun, dengan menyediakan wakti 1,5 jam, yang berarti kerja bakti tersebut setara dengan 4,5 jam, jika dikerjakan sendiri. Pupuk organik subur dari kotoran cacing dipanen dari ember penampungan, kemudian dipupukkan ke dalam tanaman pot.

Tanaman hias sejenis rumput perdu yang menjurai ke bawah dari pot yang menggantung dipotong dan di-stek lagi. Sangat banyak tanaman liar perdu yang mengganggu dicabut dan dipotong-potong untuk pupuk dan makanan cacing.

Tanaman dalam pot ditata apik agar semakin menarik. Di tengah keasyikan berkebun saya merasakan punggung tangan dan lengan gatal-gatal panas. Rasa gatal itu tidak saya hiraukan, saya terus bekerja sambil menahan rasa gatal.

Sampai di paruh waktu kerja, dua orang teman berkata bahwa tangannya gatal perih, mungkin kena ulat bulu, katanya. Langsung saya teringat, bahwa penyebab gatalnya adalah tanaman menjurai yang daunnya berbulu itu, sejenis rumput hias berwarna ungu, entah apa namanya, karena tanaman itu sempat dipotong-potong bersama, untuk pupuk organik makanan cacing.

Kemudian tangan dibasuh air mengalir tanpa sabun, selanjutnya tangan dikeringkan dengan lap bersih. Kemudian tangan dibaluri minyak bokashi. ” Mari kita coba khasiatnya,” kata saya. Kedua teman saya agak ragu mendengar anjuran saya, tapi dia melakukan juga instruksi saya. Hanya dalam waktu 10 menit, rasa gatal hilang.

Kami melanjutkan kerja sampai sore, sampai mata hari terbenam. Kedua teman saya menjadi semakin yakin akan khasiat Minyak Oles Bokashi untuk menghilangkan gatal karena bulu daun tanaman hias. “Kenapa Minyak Bokashi bisa menghilangkan gatal itu?”

Tanya teman saya penasaran seolah tak habis pikir. “Itulah hebatnya antioksidan yang dikandung dalam minyak bokashi. Antioksidan bisa menyetop alergi gatal dengan menetralkan efek racunnya di dalam kulit, dengan menyetop reaksi alergi gatalnya, maka rasa gatal menjadi hilang. Setelah kerja berkebun selesai, kami ngopi santai sambil ngobrol ngalor ngidul, menikmati indahnya kebun kecil kami diiringi musik sentimentil gitar klasik, suasana menjadi semakin romantis menyambut temaramnya langit di sore hari.
*) Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer . linktr.ee/pakolescom #pakoles #minyakbokashi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini