Membuat Pupuk Organik Kalsium Dari Cangkang Telur

0
123
Limbah kulit telur bermanfaat untuk tanaman yakni kalsium atau sebagai pupuk kalsium organik.

Setiap rumah tangga sekarang rata-rata menghabiskan 1-2 tre atau 30-60 butir telur dalam seminggunya, sehingga hal ini menyisakan sampah kulit telur yang cukup banyak.

Limbah sampah kulit telur tersebut sangat bermanfaat untuk tanaman yakni untuk kalsium atau sebagai pupuk kalsium organik. Cangkang telur sangat kaya atau sekitar 90% nya mengandung kalsium karbonat sehingga dapat diolah menjadi pupuk kalsium setelah melalui proses permentasi sentuhan Effective Microorganisme (EM4) pertanian.

Cara membuat pupuk organik dari cangkang telur sangat mudah dan murah, hanya membutuhkan EM4 untuk membantu mengurai kalsium karbonat menjadi kalsium.

Kalsium sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk mempercepat proses pertumbuhan, memperkuat dinding cel, memperkuat bunga dan buah tanaman. Jika pertumbuhan tanaman lambat atau kerdil itu artinya tanaman membutuhkan pupuk organik cair (POC) cangkang telur atau poc kulit telur.

Demikian pula jika bunga tanaman mudah rontok itu juga artinya tanaman bunga membutuhkan pupuk organik cair cangkang telur, termasuk juga jika calon buah tanaman mudah rontok itu artinya ia membutuhan pupuk organik cair kulit telur.

Informasi tersebut yang diulas sebuah channel youtube yang berbagi informasi, bahwa kulit telur untuk pupuk tanaman sangat bermanfaat, oleh sebab itu mulai sekarang jangan buang sampah kulit telur anda rubahlah menjadi pupuk organik cair.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini