Dr. Wididana: Minyak Bokashi Contoh Produk Dipercaya Konsumen-Pasar

0
201
Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr. menunjukkan replika Minyak Oles Bokashi

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer, sebuah perusahaan Swasta Nasional Berbasis Obat-Obatan Tradisional merupakan terbesar di Bali, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menilai, Minyak Oles Bokashi adalah contoh produk legenda, yang sukses dipasarkan dan dipercaya konsumen lebih dari 27 tahun.

“Hal itu berkat keberhasilannya bertransformasi, dari segi produksi, pemasaran, pelayanan dan informasi,” kata Dr. Wididana, sosok pria enerjik yang akrab disapa Pak Oles.

Alumnus Program Pasca Sarjana (S-2) Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang (1987-1990), mengelola belasan  perusahaan yang bernaung di bawah bendera PT Karya Pak Oles Grup.

Transformasi dalam pengembangan minyak Bokashi terus dilakukan oleh sumber daya manusia (SDM) muda berkualitas, dengan keberaniannya mencoba, berkreasi, berinvestasi untuk hal-hal yang baru, yang tetap fokus dalam satu tujuan, menembus pasar milenial dan global.

Secara umum transformasi berarti berubah bentuk, untuk tujuan keberhasilan. Perubahan adalah kata yang ada setiap saat dan langkah, seiring waktu dan nafas yang mengalir, dia terus bergerak berubah bersama waktu dan nafas.

Pak Oles yang juga alumnus Program S-3 Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar menjelaskan, dalam hidup dan kehidupan, perubahan tidak bisa dihindari, bahkan makhluk mati pun mengikuti perubahan, diubah oleh alam menjadi lapuk, terurai, atau disatukan.

Selembar daun yang lapuk terurai menjadi nutrisi, kemudian diserap akar menjadi buah tanaman, selanjutnya buah dimakan manusia menjadi energi, dan ampasnya dibuang menjadi tinja,

demikianlah contoh perubahan dari selembar daun, terus bertransformasi mengikuti hukum alam.

Demikian juga transformasi dalam bisnis, layanan produk barang dan jasa, perubahan terus terjadi, tidak kasat mata, dalam waktu beberapa tahun, perubahan besar terjadi seperti mendadak, bagi mereka yang tidak mengikutinya, atau terlena dalam zona nyaman, dia terkejut melihat perubahan, seperti orang terserang sakit jantung, yang merasa bingung akan penyakitnya yang datang tiba-tiba tanpa permisi, padahal dia sangat rajin makan jeroan dan malas berolahraga.

Untuk mengatasi perubahan, maka perubahan harus diikuti, sesuai dengan zamannya. Perubahan produk jasa dan barang dalam bisnis disebut transformasi, berubah sesuai, mengikuti zamannya, agar bisa eksis, hadir, diterima pasar yang juga terus berubah.

Pengetahuan, pengalaman, keberanian mencoba dan belajar hal baru, fokus, fleksibel, dan tahan menghadapi perubahan adalah modal untuk sukses bertransformasi.

Penjualan dengan teknologi digital dan Internet adalah contoh nyata transformasi produk yang harus dilakukan, tanpa bertransformasi digital dan internet, produk tersebut pasti mati.

Minyak Bokashi adalah contoh produk legenda, yang sukses dipasarkan dan dipercaya konsumen lebih dari 27 tahun, karena keberhasilannya bertransformasi, dari segi produksi, pemasaran, pelayanan dan informasi, tutur Pak Oles.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini