Dr. Wididana: Kita Semua Harus Bisa Kerja Fokus

0
109
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup juga alumnus Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Tokcer, sebuah perusahaan Swasta Nasional berbasis obat-obatan tradisional yang merupakan terbesar di Bali, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr menekankan, kita semua harus bisa bekerja dengan fokus di zaman digital sekarang ini, karena perkembangan informasi sangat pesat.

“Bekerja dengan fokus itu harus dilatih melalui lima tahapan. Pertama adalah pranayama, yakni mengatur nafas dan melepas nafas,” kata Dr. Wididana, sosok pria enerjik yang akrab disapa Pak Oles.

Alumnus Program Pasca Sarjana (S-2) Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang (1987-1990), dan alumnus program S-3 Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar mengatakan hal itu ketika membahas tentang Etos Kerja Dalam Agama Hindu yang disiarkan sebuah stasiun televisi swasta berjaringan nasional, baru-baru ini.

Ia menjelaskan, ada kesadaran yang sangat tenang dalam menarik nafas yang disebut dengan “inhale dan exhale”, puraka menarik nafas, recaka melepas nafas. Ini nafas yang tenang memberikan pikiran yang damai sehingga menjadi fokus.

Cara yang kedua dengan japa mantra. Japa mantra artinya mengulang-ngulang mantra dengan pikiran yang tenang, dengan nafas yang tenang. Mantra yang paling mudah dilakukan adalah pranayama, omkara prana mantra, mengucapkan tarik nafas om, lepas nafas secara berulang-ulang, hal ini latihan fokus yang sangat mudah dilakukan.

Dr. Wididana, yang juga Instruktur Yoga Internasional serta pencipta Yoga Keseimbangan dan Keberanian (Semberani) menjelaskan, juga bisa dilakukan dengan gayatri mantra, satu tarikan nafas gayatri mantra lepas secara berulang-ulang.

Kalau itu dilakukan secara terus menerus, berulang-ulang menjadi suatu habib atau kebiasaan, menjadi suatu etos di dalam kerja. Kita akan merasakan ketenangan dan menikmati kedamaian, kita merasakan fokus dalam setiap kerja, dalam setiap tarikan nafas dan lepas nafas.

Suasana kerja sangat rukun dan harmoni, tidak akan terjadi ketegangan di dalam pikiran, tidak akan terjadi lemah di dalam pikiran, tetapi ia tenang. Ibaratnya dalam gelombang pikiran tersebut adalah tahap alfa.

“Kita bisa tenang dalam memutuskan atau mengambil keputusan, mengekskusi keputusan, melaksanakan keputusan sampai tujuan kita berhasil menjaadi fokus,” ujar Pak Oles yang memimpin sejumlah perusahaan yang bernaung di bawah bendera PT Karya Pak Oles Grup.

Di dalam tujuan-tujuan inilah kita bisa memiliki etos kerja yang pertama, harus kerja keras, pintar berkat banyak membaca, atau belajar jujur, rendah hati, jengah dan fokus.

Berkat ke lima etos kerja tersebut kita menjadi manusia yang bertanggung jawab. Manusia yang bekerja keras untuk suatu tujuan yang jelas dengan jalan yang bagus, cara yang tepat, melalui tahapan-tahapan yang sesuai tanpa protes kita menerima apa adanya,  sehingga bisa mencapai hasil sesuai harapan kita, kata Pak Oles.linktr.ee/pakolescom

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini