Dr. Wididana: Jadikan Umat Manusia Merasa Hidup Berlimpah

0
56
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup

Direktur Utama PT Karya Pak Oles Grup, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr mengungkapkan, yama dan niyaya sebagai dasar dari tingkah laku sehari-hari sehingga manusia dan kita semua bisa mendapatkan sauca atau merasa hidup berlimpah.

“Rasa syukur yang demikian itu, sehingga kita merasa mendapatkan hidup bersinar, melimpah atau santosa dengan dasar cinta kasih, tapa, swadhyaya kita harus bersemanngat dalam bekerja, berpikir dan berkreasi,” kata Dr. Wididana yang juga seorang instruktur Yoga Internasional ketika memberikan dharmawacana tentang yoga yang disiarkan salah satu stasiun televisi yang berjaringan di tingkat pusat, Jakarta.

Gede Ngurah Wididana adalah guru yoga internasional, telah lulus dan mengantongi sertifikat berkat secara tekun mengikuti Yoga Teacher Training (YTT) di kawasan Legian, Kuta, Kabupaten Badung selama 200 jam dengan pelatihnya Ian Terry, founder of Yoga Fx aliran Yoga Bikram, selama tiga minggu, 5-23 September 2022.

Alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang itu menekankan, kita semua harus berusaha belajar atau menyerahkan hasil kerja kita kepada kepada Ida sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa.

Itulah dasar-dasar yoga sebagai sikap hidup sehari-hari, bukan saja yoga sebagai gerak, tapi juga yoga sebagai olah nafas atau pranayama.

Yoga sebagai olah pikir atau darana dayana dan semadhi serta yoga sebagai karya dalam sikap-sikap hidup mempraktekkan yama dan niyama.

Oleh karena itu asana kita lakukan dalam duduk, dalam berdiri dalam berjalan, tubuh kita harus tegak, tubuh kita harus kuat, tubuh kita harus lentur, pikiranpun harus fokus, ke mana kita menuju, apa hasilnya dan bagaimana tanggung jawab kita terhadap hasil kerja itu.

Oleh karena itu asana yang kuat, pikiran mantap, tubuh kita prima, badan sehat, dan kita itu releks, lentur dengan pranayama, otak, sel-sel pikiran, sel-sel otak tumbuh awet muda.

Demikian pula badan menjadi awet muda dan cakra yang ada dalam tubuh hidup bekerja, kita tidak akan cepat sakit, cepat setres, tapi kita cepat sehat, cepat pulih dan mampu bertahan dalam hidup keseharian.

Oleh karena itu kita harus bisa menerapkan ajaran yoga tersebut dalam kehidupan sehari-hari untuk keuntungan diri sendiri, keluarga dan masyarakat, sehingga dengan yoga hidup menjadi berlimpah atau juga hidup kita bisa bersinar, hidup yang berlimpah atau juga sinar, hidup yang berlimpah kita merasakan sentosa, hidup kita bersinar memberikan sinar kepada orang lain, ujar Dr. Wididana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini