Penambahan Probiotok EM4 Dalam Pakan Tingkatkan Produktivitas Ternak

0
94
Budidaya peternakan kambing dengan pakan organik fermentasi sentuhan EM4 sangat menguntungkan, selain berbiaya murah, pertumbuhan kambing juga cepat dan sehat.

Pakan merupakan faktor penting dalam menunjang produktivitas. Pakan harus memenuhi kebutuhan zat nutrien yang diperlukan ternak yang berfungsi untuk hidup pokok, produksi dan reproduksi. Pakan yang berkualitas baik dan diberikan dalam jumlah cukup akan meningkatkan produktivitas ternak.

Upaya untuk memperbaiki kualitas ransum berbagai limbah pertanian dapat menggunakan probiotik. “Probiotik merupakan pakan aditif berupa mikroba hidup yang dapat meningkatkan keseimbangan dan fungsi pencernaan hewan, serta meningkatkan produktivitas ternak. Salah satunya adalah probiotik EM4 peternakan,” ujar Koenjoro Adijanti, Manajer Pak Oles Green School di Denpasar.

Pria yang akrab disapa Yoyok menjelaskan, penggunaan EM4 bertujuan untuk mengawetkan pakan, memperbaiki kondisi rumen, dan meningkatkan kualitas pakan. Kualitas suatu bahan pakan dapat dilihat dari tingkat nilai nutrisi, kecernaan, dan palatabilitas. Tingkat palatabilitas pakan merupakan tingkat kesukaan ternak terhadap pakan yang dilihat dengan jumlah konsumsi pakan.

Pemanfaatan probiotik EM4 yang merupakan kultur campuran mikroorganisme menguntungkan, terutama mikroorganisme yang mampu memecah serat (cellulolytic microorganisms) melalui pakan dapat meningkatkan produktivitas. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya kecepatan cerna (rate of digestion) serta pada awal prose pencernaan sehingga mempengaruhi ketersediaan energi adenosine triphosphate (ATP). “Pilih EM4 Yang Sudah Pasti”, tegasnya.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini