Dedi Ramlan: Pakan Ternak Fermentai EM Praktis

0
45
Dua orang pekerja di Bali Farm menunjukkan pakan ternak kambing yang difermentasi menggunakan EM4.

Dedi Ramlan owner Bali Farm, mengembangkan puluhan ekor kambing jenis Etawa di daerah “gudang beras” Kabupaten Tabanan, Bali menilai, pakan ternak fermentasi sentuhan teknologi Effective Microorganisms 4 (EM4) peternakan sangat praktis, banyak memberikan kemudahan dan manfaat dalam mengembangkan berbagai jenis ternak untuk skala besar.

“Dalam waktu satu jam dibantu dengan menggunakan mesin pencacah dapat menghasilkan 100 kilogram pakan ternak untuk selanjutnya difermentasi dengan EM dan molase dalam wadah tertutup dalam waktu 21 hari sudah siap dipanen dapat memenuhi kebutuhan pakan bagi tujuh ekor kambing selama seminggu,” kata Dedi Ramlan yang juga selaku manajer operasional di Kebun Binatang Bali Zoo Kabupaten Gianyar.

Ia mengembangkan ternak kambing jenis Etawa mendatangkan bibitnya dari Jawa Tengah sebanyak 15 ekor pada awal tahun 2021, belum genap setahun telah berkembang menjadi 70 ekor, berkat menggunakan EM4 peternakan produksi PT. Songgolangit Persada.

Dedi Ramlan menekuni usaha peternakan puluhan ekor kambing jenis unggul itu di Banjar Kesiut Kawan Kelod, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, sekitar 35 km barat Kota Denpasar dengan memanfaatkan limbah organik dari para petani di sekitarnya.

Banyak keuntungan yang diperoleh dari melakukan fermentasi pakan ternak yakni menghemat biaya operasi, karena satu hari mencari hijauan ternak dan hari kedua difermentasi mampu memenuhi kebutuhan pakan ternak selama seminggu.

Dibanding dengan mencari hijauan pakan ternak yang hanya untuk hari itu saja sehingga dapat menghemat waktu, tenaga, biaya transportasi dan pakan fermenasi itu sangat disenangi ternak, karena nafsu makannya juga tinggi.

EM4 peternakan selain untuk keperluan fermentasi pakan ternak juga dimanfaatkan untuk bahan campuran minuman bagi ternak kambing, dicampur dengan air untuk memandikan ternak serta menyiram kandang dan tumpukan kotoran.

Dengan demikian puluhan kandang yang berderet rapi yang masing-masing dihuni beberapa ekor tampak bersih tidak menimbulkan bau, karena EM4 mengandung bakteri sehingga limbah cair dan padat tidak menimbulkan pencemaran.

EM4 peternakan juga dapat mengurangi ketegangan (stres) ternak, memperbaiki mutu daging, kesuburan ternak dan mengurangi kematian ternak, tutur Dedi Ramlan. https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini