Revitalisasi Pertanian-Perkebunan Dengan “Keajaiban” EM

0
122
Membuat pestisida organik untuk mengusir hama tanaman dengan bioaktivator EM4.

Revitalisasi pertanian-perkebunan dengan “keajaiban” Effective Microorganisms 4 (EM4) Pertanian formula khusus yang kaya akan mikroorganisme bermanfaat, EM4 mampu mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan produktivitas.

Tanaman sehat mampu menghasilkan bahan pangan yang sehat melimpah untuk memenuhi kebutuhan penduduk dunia yang cenderung terus meningkat. Indonesia mengadopsi teknologi Effective Microorganisms 4 (EM4) dari Jepang tahun 1990 atau 33 tahun silam, berangkat dari awal ibarat mendaki gunung menjulang tinggi, tebing terjal sambil membabat hutan memanfaatkan peralatan seadanya.

Hal itu dilandasi dengan semangat membara, tekad dan kegigihan kerja keras secara tulus iklas, berkat dorongan Prof. Dr. Teruo Higa (81 tahun), penemu teknologi yang mudah, murah, hemat energi, ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Berkat kegigihan, kerja keras, dukungan, peranserta dari semua pihak teknologi EM yang diadopsi Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana,M.Agr, direktur utama PT Songgolangit,” tutur Instruktur EM pada Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali, Ir. Gusti Ketut Riksa,
Dr. Wididana, alumnus Faculty Agriculture University of The Ryukyus Okinawa, Jepang (1987-1990) secara khusus pernah menemui gurunya yang diterima di halaman kebun pertanian organik kesayangan Prof. Higa di Okinawa, serangkaian kunjungan selama sepuluh hari di Negeri Sakura.

Pak Oles dalam pertemuan penuh haru, bahagia sebagai pengobat rasa rindu itu setelah empat tahun hanya komunikasi secara online, didampingi Nyonya Komang Diah Setuti, S. Sn. M.I, Kom dan putra bungsunya Ketut Pandu Kumara Wididana yang sedang menyelesaikan studi di sebuah perguruan tinggi di Jepang.

Prof. Dr. Teruo Higa dalam pertamuan itu sempat memuji dan memberikan apresiasi atas kemajuan perkembangan keknologi EM di Indonesia . Keberhasilan dan prestasi yang diraih diharapkan dapat ditingkatkan untuk kelestarian dan lingkungan yang subur, nyaman dan aman untuk kelangsungan hidup manusia dan makluk hidup lainnya.

Prof. Higa, guru besar bidang hortikultura University of The  Ryukyus Okinawa, Jepang, meskipun usia lanjut (81 tahun) namun sehat walafiat dengan pemikiran dan gagasan-gagasan yang cemerlang, masih bisa menularkan semangat baru kepada orang muda yang mendengarkannya. llmu dan pengetahuan yang digeluti dan ditekuninya sangat luas tentang teknologi pertanian organik, lingkungan, kesehatan di masa depan.

Perjalanan Teknologi EM di Indonesia selama 33 tahun (1990-2023) membuahkan hasil dan prestasi yang bagus dan cemerlang. Prof. Teruo Higa memberikan penekanan akan pentingnya menjaga kesehatan manusia melalui makanan sehat, lingkungan yakni tanah, air dan udara yang sehat, gaya hidup sehat, dengan Teknologi EM.

Teknologi EM yang berkembang sangat bagus di Indonesia dapat dipelihara dan ditingkatkan. Prof. Teruo Higa menekankan “terus lanjutkan usaha, penelitian, pendidikan, pelatihan Teknologi EM di Indonesia, agar masyarakat dan lingkungan di Indonesia selalu sehat.
Didik generasi muda agar selalu cinta lingkungan, cinta pertanian dan memiliki kepedulian sosial, dan kepedulian lingkungan yang tinggi, karena dengan cara itulah generasi muda bisa hidup dan berlanjut dalam dunia yang saling bekerja sama, saling peduli dan saling menghargai.

Gusti Ketut Riksa menambahkan, lahan pertanian yang diolah menggunakan sentuhan Effective Microorganisme 4 (EM) sangat mempengaruhi tingkat kegemburan dan kesuburan.

Demikian pula menyangkut pembuatan pestisida alami dari bahan-bahan tanaman yang memiliki kemampuan menghalau hama dan penyakit tanaman melalui sistem fermentasi EM menghasilkan bahan pangan yang betul-betul aman untuk kesehatan dan meningkatkan umur harapan hidup.

Penggunaan EM berkembang sangat luas, karena efektif, mudah digunakan, ekonomis, hemat energi, ramah lingkungan, dan sangat tepat untuk pertanian Berkesinambungan harap Gusti Ketut Riksa.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini