Manajemen Air Penting Untuk Budidaya Udang Vaname

0
54
Sejumlah pekerja sedang melepaskan benur atau bibit udang vaname ke tambak.

Manajemen kualitas air sangat penting dalam melakukan budidaya udang vaname, karena permasalahan yang dihadapi diantaranya menyangkut tingginya senyawa metabolit toksik sebagai hasil proses degradasi sisa pakan dan kotoran udang yang berjalan tidak sempurna.

“Kepadatan penebaran (stocking density) dan input pakan yang tinggi menyebabkan tingginya limbah yang dihasilkan, baik yang tersuspensi maupun mengendap di dasar kolam,” Kata Manajer Pak Oles Green School, Ir. Koentjoro Adijanto.

Ia mengatakan, dalam perkembangannya, hasil penelitian membuktikan bahwa probiotik mampu meningkatkan kesehatan udang dan ikan secara langsung serta berfungsi untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi perkembangan udang tersebut.

Effective Microorganisms 4 (EM4) Perikanan produksi PT Songgolangit Persada (SLP) mempunyai manfaat menguraikan bahan-bahan sisa pakan, kotoran menjadi senyawa organik yang bermanfaat, menekan mikroorganisme patogen dan membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.

Aplikasi EM4 perikanan dapat dilakukan dari pengolahan tanah dasar tambak dan mencampur makanan dengan EM4 untuk tujuan makanan yang sudah difermentasi lebih mudah dicerna dan kualitas pakan meningkat. Sehingga pertumbuhan ikan bisa maksimal.

Beberapa hal yang penting dilakukan dalam budidaya ikan adalah pengelolaan air, pemberian pakan dan pengendalian hama dan penyakit. Dengan pemberian EM Perikanan ikan akan terjaga dari penyakit, kualitas air tetap terjaga dan produksi ikan akan bertambah dengan hasil panen yang meningkat. https://linktr.ee/em4 #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini