Mahasiswa KKN UNAIR Sulap Kulit Kakao Jadi Pakan Ternak Gizi Tinggi

0
82
Kelompok KKN BBK Batok 2 menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan “Limbah Kulit Kakao, Sumber Alternatif Pakan Ternak” kepada para peternak di Desa Batok.

Kelompok KKN BBK Universitas Airlangga (UNAIR) membuat pakan ternak alternatif dari limbah. Kelompok KKN BBK Batok 2 menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan “Limbah Kulit Kakao, Sumber Alternatif Pakan Ternak” kepada para peternak di Desa Batok.

Sirlanto, mahasiswa program studi Kedokteran Hewan SIKIA, yang menjadi pematri dalam sosialisasi tersebut mengatakan dari kandungan gizinya, kulit buah kakao dapat menjadi pakan ternak ruminansia. Pakan itu memiliki kandungan protein kasar sebesar 6,8 – 11,71 persen; serat kasar 20,79 persen; dan lemak 11,80 persen. Namun, yang menjadi perhatian, ada kandungan senyawa antinutrisi pada kulit buah kakao. Yaitu, lignin, tanin dan theobromine serta kandungan air yang cukup tinggi. “Maka dari itu, teknik fermentasi butuh dalam mengolah kulit buah kakao menjadi pakan alternatif ternak,” ujarnya.

Sirlanto menjelaskan teknik pengolahan limbah kulit kakao menjadi pakan ternak, yaitu mempersiapkan alat dan bahan. Yaitu, pisau atau mesin pencacah, kantong plastik, molasses (gula tebu), EM4 Peternakan, dedak halus, bekatul, dedak jagung, hijauan dan kulit buah kakao.

Langkah awal adalah mengeringkan kulit buah kakao harus dulu. Kemudian, mencacah kasar 3-4 cm bahan. Apabila menggunakan mesin pencacah lebih baik lagi. Tujuannya, pencampuran seluruh bahan pakan bisa merata. Lalu, mencampurkan larutan EM4 (50 ml: 1000 ml) dan larutan molasses.

“Kemudian cacahan kulit buah kakao masukan ke kantong plastik dan siram dengan larutan EM4 serta larutan gula,” katanya.

Selanjutnya, memasukkan dedak halus, bekatul, dedak jagung, serta hijauan yang telah dicacah. Langkah selanjutnya, mencampur seluruh bahan, menutup kantong plastik secara rapat agar mencapai suasana anaerob. Karena, mikroba hanya dapat tumbuh dalam keadaan tanpa adanya oksigen. Kemudian, pakan kulit buah kakao akan difermentasi selama 14-21 hari, seperti yang diulas unair.ac.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini