siswa/i SMP Negeri 2 Mandiraja belajar membuat pupuk organik cair ditemani guru pembimbing.

siswa/i Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Mandiraja Purwasaba, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah mempraktikkan cara membuat pupuk organik cair bertempat di halaman sekolah. Dalam pembuatan pupuk organik cair itu, siswa dibimbing oleh guru pengampu mata pelajaran IPA yaitu Irfa Masyiatul Azizah, S.P., M.Pd dan Eli Widiyanti, S.Pd.

Dalam praktik pembuatan pupuk organik cair, Bu Irfa mengatakan bahwa, pembuatan pupuk cair cukup sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Selain itu, banyak masyarakat yang masih bingung bagaimana cara membuat pupuk organik cair. Melalui kegiatan ini, siswa dapat menambah pengetahuan dalam membuat pupuk cair yang dapat dipraktikkan dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Pupuk organik cair memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu dapat meningkatkan kemampuan fotosintesis tanaman, meningkatkan daya tahan tanaman, meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah, serta merangsang pertumbuhan tanaman.

Adapun tahapan dalam pembuatan pupuk cair yaitu (1) melarutkan EM4 ke dalam air secukupnya kemudian tambahkan larutan gula merah, (2) campurkan air kelapa dalam larutan EM4 dan gula merah, (3) tambahkan air secukupnya, (4) aduk perlahan larutan dengan menggunakan tongkat, (5) masukkan larutan ke dalam jerigen, (6) tutup rapat selama beberapa hari dan lakukan pengontrolan teratur sampai larutan tersebut mengeluarkan bau fermentasi. Bau fermentasi menandakan bahwa pupuk cair telah jadi.

“Kami berharap melalui praktik pembuatan pupuk cair dapat terwujud kesadaran dalam pemeliharaan lingkungan sehingga warga sekolah tergerak untuk merawat tanaman. Pupuk cair yang telah dibuat digunakan untuk memupuk tanaman yang ada di sekolah”, ungkap Bu Irfa dimuat pada website SMP Negeri 2 Mandiraja.  https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini