Rezali Anshar: Lima Kunci Sukses Bertani

0
28
Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr (atas kanan) saat menyampaikan materi dalam webinar yang bertajuk Bertani Murah Meriah Hasilnya Berlimpah melalui aplikasi zoom.

Lima cara bertani murah, meriah dengan hasil melimpah yakni kenali media tanam, kesuburan tanah, manfaatkan bahan di sekitar kita, mampu mengelola risiko dengan baik dan terus belajar memperbaharui tentang ilmu pertanian.

“Lima kunci sukses dalam mengembangkan sektor pertanian itu harus dapat diterapkan dengan baik, mulai dalam skala kecil, menengah maupun di atas hamparan lahan yang luas,” kata Rezali Anshar, S.ST, MM, Owner Youtube Channel Penyuluh Pertanian Lapangan dari Kalimantan Selatan ketika tampil sebagai pembicara dalam Seminar Online (Webinar) lintas Nusantara.

Ia mengatakan hal itu ketika tampil secara bergantian dengan pembicara lain Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr, Direktur Utama PT. Songgolangit Persada pada webinar mengusung tema “Bertani Murah, Meriah, Hasilnya Berlimpah” Selasa (28/6).

Rezali Anshar menungkapkan hal itu di hadapan peserta webinar ketiga yang digelar PT. Songgolangit Persada melibatkan ratusan peserta sebagian besar kalangan milenial hampir dari seluruh daerah di Indonesia, termasuk Papua, Maluku, daerah-daerah Sumatera, Jawa dan Bali itu dipandu moderator Wibhuti Emriko B.SC M.SC.

Mengenali media tanam, unsur yang paling penting dalam menentukan kesuksesan dalam bertani, tanah adalah rumah bagi tanaman. Oleh sebab itu harus dapat menyediakan tanah yang baik yakni memiliki unsur hara yang melimpah.

Keberagaman mikroorganisme luar biasa yang terjadi adalah secara otomatis tanaman pasti nyaman, karena bisa mendapatkan unsur hara yang baik, nutrisi yang luar biasa sehingga tanaman akan tumbuh subur.

Rezali Anshar yang memiliki 403.000 subscribers dan 241 video yang telah dikenal masyarakat secara meluas di jagat raya menjelaskan, kesuburan tanah ditandai degan tiga hal yakni kesuburan fisik, dengan cirinya ketika dipegang dan dirasa keras atau gembur, tanah agak putih abu-abu, atau agak kehitaman.

Tanah yang subur secara fisik misalnya perlu menggemburkan, mengolah tanah dengan baik, dan memaksimalkan kesuburan fisik tanah. Kesuburan kimia potensial dari hidrogen menjadikan tanaman dapat tumbuh dengan baik, karena tanah dengan pH yang asam ternyata nutrisi dalam tanah cukup banyak yang tidak bisa diserap oleh akar tanaman.

Namun ketika pHnya 5,0 maka yang terjadi unsur hara nitrogen, phosfor, potassium, sulfhur, calsium dan magnesium warnanya merah, maka unsurnya tidak bisa terserap secara optimal oleh tanaman.

Oleh sebab itu perlu meningkatkan kadar potensial dari hidrogen agar kondisinya menjadi warna hijau. Setelah itu baru paling penting dan jarang dipahami menambahkan pupuk, karena dalam tanah ada kehidupan, semakin banyak ada kehidupan di dalam tanah maka tanaman yang tumbuhan di atas semakin baik.

Sebaliknya ketika kehidupan di dalam tanah itu berkurang menyebabkan tanaman tidak bisa mendapatkan kehidupannya dengan baik. Bahan organik yang diuraikan oleh mikroorganisme akan tersimpan di dalam tanah yang kemudian diambil oleh akar tanaman sehingga dapat tumbuh dengan baik untuk menghasilkan buah atau bunga. linktr.ee/pakolescom #EM4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini