Anak-anak TK Barunawati Denpasar terlihat gembira dapat memberi pakan sapi saat belajar ke POGS di Kang Zangger Bokashi Farm, Jalan Waribang, Kesiman Denpasar timur.

Belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas. Alam sekitar adalah kelas tanpa batas dan dinding yang bisa menjadi tempat untuk mempelajari banyak hal, apalagi hal tersebut dilakukan terhadap anak yang masih duduk dibangku Taman Kanak-kanak. Seperti yang diungkapkan oleh Koenjoro Adijanto, Kepala Pak Oles Green School (POGS).

Pembelajaran diluar kelas (outdoor study) adalah salah satu metode pembelajaran yang aktivitas belajarnya berlangsung di luar kelas/sekolah seperti: taman, desa, kebun dan lainnya dengan tujuan untuk melibatkan pengalaman langsung agar siswa lebih akrab terhadap lingkungan dan masyarakat.

Salah satunya adalah belajar mendekat dengan hewan diharapkan dapat mengajarkan pelajaran hidup kepada anak-anak seperti kasih sayang, kesabaran, empati dan tanggung jawab, seperti yang dilakukan oleh Taman Kanak-Kanak (TK) Barunawati Cabang Denpasar yang mengajak 23 anak didiknya melakukan kegiatan belajar bersama di luar kelas ke POGS di Kang Zangger-Bokashi Farm, Jalan Waribang, Kesiman Denpasar timur, belum lama ini.

Dalam Kesempatan tersebut, robongan murid TK yang dipimpin langsung oleh Kepala sekolah TK Dewa Ayu Putu Tirta, S.Pd sangat senang dan antusias bisa melihat dan memberi pakan ternak sapi yang berada dilingkungan POGS dipelihara secara organik dengan sentuhan Effektive Microorganisms 4 (EM4).

Beternak yang ramah lingkungan adalah dengan memberikan EM4 peternakan dan pakan, minum ternak bermanfaat meningkatkan nafsu makan karena aroma asam manis yang ditimbulkan dan aman bagi ternak.

“EM4 mampu memperbaiki jasa renik di dalam saluran pencernaan ternak sehingga kesehatan ternak akan meningkat, tidak mudah stres dan efektif mengurangi bau tidak sedap pada kandang hewan dan kotoran hewan” ujar Koenjoro yang akrab disapa Yoyok.https://linktr.ee/em4

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini